Penyebab Misterius Tenggelamnya Kapal Titanic Akhirnya Terungkap

Penyebab Misterius Tenggelamnya Kapal Titanic Akhirnya Terungkap

Naviri Magazine - Selama lebih dari 100 tahun kita percaya bahwa RMS Titanic tenggelam dalam perjalanan dari Southampton menuju New York, karena menabrak gunung es di Samudera Atlantik. Tapi temuan baru menunjukkan bahwa itu bukan penyebab utamanya.

Dalam sebuah film dokumenter berjudul Titanic: The New Evidence, peneliti membuat teori baru yang mungkin lebih solid untuk memberikan jawaban kenapa Titanic yang begitu kokoh dan kuat bisa tenggelam.

Bukti baru terungkap bahwa penyebab utama tenggelamnya Titanic, menurut klaim peneliti, disebabkan oleh adanya kebakaran besar di lambung kapal, yang dimulai bahkan sebelum Titanic berangkat dari Belfast menuju Southampton.

Senan Molony, seorang wartawan, telah meneliti Titanic selama kurang lebih 30 tahun, menemukan adanya tanda hitam sepanjang 9 meter di depan lambung kapal dari foto yang diambilnya sebelum Titanic berangkat.

Molony menyatakan, lambung kapal telah terbakar tanpa diketahui siapa pun selama tiga minggu, pada suhu 1.000 derajat Celcius, yang membuat logam kapal menjadi lemah. Hal ini tentunya dengan mudah memungkinkan gunung es untuk merobek lambung kapal yang seharusnya itu mustahil bisa terjadi.

Molony menemukan harta karun yang lama terlupakan, berupa foto lam Titanic yang tersimpan di loteng. The Belfast Company of Harland and Wolff, yang membuat Titanic, telah menyimpan foto dokumentasi proses pembangunan kapal yang konon tidak dapat tenggelam itu.

Film dokumenter itu menggambarkan Molony dan rekannya membeli foto, dan mulai memeriksa setiap tanda yang mungkin telah menyebabkan bencana itu bisa terjadi.

Dalam beberapa foto, mereka menemukan adanya tanda hitam misterius sepanjang 9 meter (30 kaki), yang muncul di sepanjang lambung luar kapal. Kebetulan, tanda itu berada di “sisi kanan” lambung kapal, yang kemudian robek karena tabrakan dengan gunung es.

Sebuah tanda "kebakaran" yang disengaja, atau hanya sebuah kebetulan?

Tidak semua orang setuju bahwa api batubara yang dibakar berminggu-minggu sebelum dan selama perjalanan Titanic ke Atlantik adalah alasan kapal itu tenggelam. Menurut teori konspirasi, Titanic memang telah disabotase dan sengaja untuk ditenggelamkan!

Mantan sekretaris kehormatan dari British Titanic Society, Dave Hill, menyatakan, “Sebuah kebakaran mungkin mempercepat proses (tenggelamnya kapal) ini. Tapi dalam pandangan saya, Titanic (tetap) akan tenggelam.”

Sebanyak 2.224 penumpang dan awak berada di RMS Titanic, ketika menabrak gunung es di Samudera Atlantik. Lebih dari 1.500 meninggal, dan menjadikannya salah satu bencana komersial terburuk dalam sejarah modern.

Related

World's Fact 3063308516203362696

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item