Aida Hadzialic, Muslimah yang Jadi Menteri Termuda di Swedia

Aida Hadzialic, Muslimah yang Jadi Menteri Termuda di Swedia

Naviri Magazine - Hanya sekitar 450 ribu dari 9 juta warga Swedia yang beragama Islam. Sehingga bisa dibilang di negara ini pemeluk Islam dianggap minoritas. Namun hebatnya, di negara tersebut sama sekali tidak memandang perbedaan, khususnya agama. Umat Muslim bisa hidup dengan aman dan nyaman. Bahkan pemerintah melakukan gebrakan besar yang jadi tanda kalau Muslim diterima dengan baik di sini.

Salah satunya Aida Hadzialic, wanita yang menempati posisi Menteri Pendidikan di bawah Perdana Menteri Stefan Lofven. Hebatnya, Aida adalah seorang muslimah tulen. Wanita ini jadi warga Muslim Swedia pertama yang duduk di kementerian, sekaligus menjadi yang paling muda dalam sejarah negara itu.

Aida sebenarnya bukan benar-benar lahir di Swedia. Ia berasal dari Bosnia-Herzegovina yang pindah ke Swedia di tahun 1992. Seperti yang Anda tahu, di tahun tersebut Bosnia tengah bergolak hebat. Puluhan ribu orang kala itu mencari suaka ke negara lain, termasuk juga Aida.

Untungnya, keluarganya diterima dengan baik di negara tersebut. Mungkin keterlibatan wanita ini dalam parlemen adalah sebagai balas jasa, karena pemerintah Swedia pernah begitu baik terhadap dirinya serta keluarganya. Niat baik ini pun juga berimbas dengan makin diterimanya Muslim di sana.

Related

World's Fact 1364175685833923459

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item