Dada Sering Berdebar, Apakah Berarti Gejala Penyakit Jantung?

Dada Sering Berdebar, Apakah Berarti Gejala Penyakit Jantung?

Naviri Magazine - Apa penyebab dada sering berdebar-debar? Apakah itu gejala penyakit jantung?

Dari sudut pandang klinis maupun teoritis, keluhan jantung berdebar, apalagi hanya sesekali dan berlangsung sebentar, sebagian besar adalah normal, atau dengan kata lain tidak ada kaitan dengan penyakit jantung yang serius.

Kalau Anda panik, misalnya tiba-tiba waktu berjalan ada seekor ular di depan Anda, jantung kemudian berdebar kencang, maka jantung berdebar dalam keadaan begitu biasanya normal.

Keadaan stres seperti cemas, takut, olahraga yang berat, minum kopi, mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat asma, obat flu, badan panas, juga dapat menyebabkan jantung berdebar

Walaupun jarang, jantung berdebar bisa juga disebabkan keadaan lain yang serius, seperti anemia, hipertiroid, keadaan hipoglikemi pada penderita diabetes melitus, atau gangguan jantung. Tapi kemungkinan ini sangat kecil.

Kecuali bila di samping keluhan berdebar itu diikuti dengan keluhan atau gejala lain, umpamanya nyeri dada, sesak napas, mau pingsan, berkeringat dingin, pusing yang berat, Anda harus segera konsultasi ke dokter.

Kalau memang Anda ingin memeriksakan diri lebih lanjut, sebaiknya konsultasi ke dokter penyakit dalam lebih dulu. Pemeriksaan apa yang harus dilakukan nanti, dokter tersebut yang menentukan sesuai dengan keadaan klinis Anda.

Related

Health 4520893866824859960

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item