Misteri Shroud of Turin, Kain Kafan yang Membingungkan Dunia

Misteri Shroud of Turin, Kain Kafan yang Membingungkan Dunia

Naviri Magazine - Umat Kristiani mempercayainya sebagai kain kafan Yesus. Saat ini, kain kafan tersebut disimpan di Katedral St John the Baptist di Turin, Italia.

Meskipun banyak penyelidikan ilmiah dilakukan untuk mengungkap hal itu, namun hingga kini tidak seorang pun mampu menjelaskan bagaimana gambar wajah itu bisa berada pada kain kafan tersebut. Tes radiokarbon menyebut kain kafan tersebut berasal dari abad pertengahan, namun hasil tes radiokarbon itu diragukan.

Sebelum abad pertengahan, muncul laporan bahwa kain kafan tersebut adalah gambar Edessa—laporan itu setidaknya sejak abad ke-4. Selain itu, ada juga kain lain (sudarium) yang dikenal bahkan dari zaman Alkitab, bahwa kain digunakan untuk menutupi kepala Kristus ketika dikubur.

Sebuah studi 1999 oleh Mark Guscin, seorang anggota tim investigasi multidisiplin dari Pusat Sindonology Spanyol, meneliti hubungan antara dua kain. Berdasarkan sejarah, forensik patologi, kimia darah (yang sudarium juga dilaporkan jenis noda darah AB), dan pola noda, ia menyimpulkan dua kain tersebut digunakan untuk menutupi kepala yang sama dalam dua waktu berdekatan.

Avinoam Hector (seorang peneliti dari Universitas Ibrani Yerusalem) sependapat dengan analisis ini, menambahkan bahwa serbuk sari di sudarium cocok dengan kain kafan.

Namun, bagaimana pun, semua hasil penelitian belum bisa mengungkap sepenuhnya misteri kain kafan dan wajah di dalamnya.

Related

Mistery 8703016591573742129

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item