Mitos, Legenda, dan Kisah Misterius Seputar Laba-laba di Dunia

Mitos, Legenda, dan Kisah Misterius Seputar Laba-laba di Dunia

Naviri Magazine - Laba-laba telah hidup di bumi hampir tiga ratus juta tahun lalu. Legenda sejak lama menempatkannya sebagai sumber kebahagiaan sekaligus spiritual. Di China, laba-laba dianggap sebagai pembawa keberuntungan, siang maupun malam. Jepang memiliki pandangan serupa, tulis Merrily C. Baird dalam Symbols of Japan: Thematic, Motif and Design.

“Keberadaan laba-laba, dalam banyak cerita rakyat di Jepang, menandakan kunjungan seorang sahabat,” tambah Baird.

Bagi para penganut Buddha di Jepang, laba-laba mengajarkan esensi kebaikan, seperti tertuang dalam kisah Kumo no Ito (Untaian Benang Laba-Laba) yang ditulis Ryunosuke Akutagawa pada 1918.

Alkisah, Sang Buddha, ketika berjalan di taman surga, memandang ke kolam yang memperlihatkan isi neraka. Dia memperhatikan seorang kriminal bernama Kandata, yang ketika hidup di bumi memutuskan untuk tak menginjak seekor laba-laba karena menghargai hidup binatang itu.

Karena perbuatan ini, Sang Buddha mengulurkan seuntai benang laba-laba agar Kandata bisa meniti ke surga. Namun Kandata jadi egois. Dia melarang orang lain mengikutinya. Seketika itu pula, benang laba-laba putus dan dia terlempar kembali ke neraka.

Laba-laba juga menjadi bagian dalam cerita perjalanan Nabi Muhammad menuju Madinah dari kejaran para prajurit penguasa Mekkah. Ketika Nabi Muhammad bersembunyi di sebuah goa, seekor laba-laba memintal jaring yang menutupi lubang masuk goa.

Para prajurit yang mengejarnya yakin Muhammad tak berada di dalam goa, karena jaring laba-laba terlihat utuh. Muhammad pun selamat. Diterangi sinar bulan dan bintang, dia menemukan jalan keluar dari goa tanpa merusak jaring laba-laba, dan mencapai Madinah.

Related

Mistery 1371708858204632560

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item