Ternyata, Ka’bah Sudah Ada di Bumi Sebelum Datangnya Nabi Adam

Ternyata, Ka’bah Sudah Ada di Bumi Sebelum Datangnya Nabi Adam

Naviri Magazine - Sampai saat ini, mungkin masih banyak umat Islam di seluruh dunia yang menganggap bahwa Ka’bah didirikan oleh Nabi Ibrahim AS beserta anaknya, Nabi Ismail AS. Padahal, sesungguhnya bangunan Ka’bah telah ada jauh sebelum masa mereka. Setidaknya, diperkirakan telah ada 12 generasi yang ikut menyumbangkan diri dalam pemeliharaan Ka’bah tersebut. Masya Allah.

Bahkan, ketika Allah menurunkan Nabi Adam AS beserta istrinya, Hawa, bangunan Ka’bah telah ada di Bumi. Lalu siapakah yang sebenarnya membangun Ka’bah tersebut? Konon, ada sebuah riwayat yang menegaskan bahwa para malaikat yang melakukannya.

Dalam QS. Ali Imran ayat 96 disebutkan, “Sesungguhnya rumah yang pertama dibangun di muka bumi ada di Makkah.” Hal ini membantah anggapan bahwa bangunan pertama yang dibangun di muka bumi bukan Baitul Maqdis, melainkan Ka’bah yang ada di Mekkah.

Riwayat Akhbar Makkah Muhammad Al Arzaqi (1988: 32) menceritakan, “Karena takut murka Allah, para malaikat tidak bertanya lagi siapa yang layak dijadikan khalifah di bumi, manusia atau malaikat. Maka para malaikat segera mohon ampun dan ridha Allah. Karena Arasy Allah cukup besar, maka dengan Rahman dan Rahim Allah, Dia membangun Baitul Makmur di bawah Arasy untuk tempat mereka mengerjakan tawaf, dan lebih meringankan dan memudahkan mereka setiap hari.”

Para malaikat mengerjakan tawaf silih berganti siang dan malam, sehingga tidak kurang dari 7.000 malaikat yang mengelilingi Baitul Makmur setiap hari. Bahkan menurut riwayat ada di antara malaikat yang hanya dapat tawaf sekali saja, dan tidak dapat lagi mengelilingi tawafnya karena sesaknya Baitul Makmur yang dibangun oleh Allah dari Zabrajad yang bertatahkan Yakut berwarna merah itu.

Maka, dengan Rahman dan Rahim Allah, diperintahkan kepada malaikat untuk membangun Ka’bah di bumi yang persis seperti Baitul Makmur di bawah Arasy. Besar dan ukurannya sama, posisinya tepat dengan Ka’bah di bumi. Andaikata sebuah batu dijatuhkan dari Baitul Makmur ke Ka’bah, akan sampai ke tengah-tengah Ka’bah.

Related

Moslem World 1699365030268194277

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item