Kisah 5 Ilmuwan Dunia dengan Masa Kecil yang Mengejutkan

Kisah 5 Ilmuwan Dunia dengan Masa Kecil yang Mengejutkan

Naviri Magazine - Dunia saat ini tentu mengenal Albert Einstein, Thomas Edison, Isaac Newton, hingga Cahrles Darwin. Mereka dikenal sebagai para ilmuwan hebat pada bidangnya masing-masing, yang telah memberi kontribusi penting bagi dunia ilmu pengetahuan. Secara singkat, kita bisa mengatakan bahwa mereka orang-orang yang sangat cerdas, di atas rata-rata.

Namun, siapa sangka kalau mereka pernah dikira atau bahkan dituduh bodoh oleh gurunya? Berikut ini adalah kisah lima ilmuwan terkenal dunia yang memiliki kisah masa kecil mengejutkan.

Albert Einstein

Terkenal sebagai ilmuwan terpenting abad 20 dan penerima 2 Nobel Fisika karena teori relativitas serta kontibusinya atas teori kuantum. Namun siapa mengira bahwa semasa kecil Albert Einstein dianggap cacat mental?

Pasalnya, Einstein selalu mendapatkan nilai yang sangat buruk saat di sekolah dasar. Selain itu, pada masa kecil, kemampuan berbahasa atau berbicaranya sangat lambat. Karena hal tersebut, kepala sekolah sampai menyuruh Einstein untuk berhenti dan berkata, “Kamu tidak akan bisa belajar apa pun.”

Thomas Alva Edison

Bagaimana rasanya hidup tanpa alat penerang berupa lampu? Kembali menggunakan obor sebagai lampu penerang. Tentu tidak nyaman. Maka, bersyukurlah karena Thomas Alva Edison telah menemukan lampu yang digunakan hingga saat ini di seluruh dunia.

Sebelum lampu pertamanya berhasil menyala, Edison telah gagal hingga ribuan kali. Namun ia pantang menyerah, berpikir positif dan tahan banting, inilah yang membawanya pada kreativitas tanpa batas.

Selain itu, Edison dianggap sebagai penemu terbesar dalam sejarah. Sebanyak 1.093 hak paten inovasi tenologi terukir atas namanya. Namun, terlepas dari keberhasilannya, siapa menyangka bahwa Edison kecil pernah dikirim pulang ke rumah dan dikatai terlalu bodoh oleh gurunya?

Benjamin Franklin

Tak hanya terkenal sebagai ilmuwan dengan penelitiannya tentang listrik (penangkal petir), Benjamin Franklin juga terknal sebagai salah satu motor revolusi dan deklarator kemerdekaan Amerika. Dia adalah seorang diplomat, pengarang, penerbit, wartawan, dan penemu.

Pada saat usianya 10 tahun, ia berhenti sekolah. Saat usia 12 tahun, ia bekerja membantu ayahnya, kemudian magang ke saudaranya yang memiliki usaha percetakan.

Isaac Newton

Merupakan salah satu ilmuwan terkemuka dunia, ahli matematika Inggris terbesar pada zamannya. Karya terkenalnya pada bidang optik dan teori gravitasi.

Ilmuwan yang lahir di Woolsthorpe-Lincolnshire, Inggris, ini juga terkenal sebagai fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, dan teolog. Terlahir sebagai bayi prematur, Newton kecil sempat membuat guru di sekolah dasarnya kebingungan, karena nilainya yang sangat buruk.

Newton mampu menamatkan sekolahnya pada usia 18 tahun, dengan nilai yang memuaskan, dan melanjutkan di universitas Cambridge sebagai mahasiswa yang belajar sambil bekerja untuk membantu masalah keuangannya.

Charles Darwin

Siapa sangka, Charles Darwin yang terkenal sebagai Bapak Evolusi ternyata tidak memiliki prestasi akademik yang bagus. Anak kelima yang lahir pada 12 Februari 1809 ini kemudian mengambil jurusan kedokteran, tetapi tidak banyak memperoleh kemajuan. Hingga ayahnya meminta Darwin untuk menjadi pendeta dan belajar teologi di Christ’s College.

Namun hal tersebut juga tidak menunjukkan kemajuan. Darwin malah senang berburu, mengoleksi tanaman, serangga, dan benda geologi. Hingga akhirnya, ia memfokuskan diri pada minatnya terhadap serangga dan spesies langka, serta mejadi naturalist yang berlayar dan mengelilingi dunia, ikut ekspedisi HMS Beagle.

Darwin kemudian menjadi naturalist (pencinta alam) dan ikut melakukan ekspedisi dengan HMS Beagle. Tim ekspedisi HMS Beagle berlayar dan mengunjungi banyak negeri di lautan Pasifik Selatan, sebelum kembali ke Inggris melalui Tanjung Harapan di Afrika Selatan, dalam rangka mengelilingi dunia.

Related

World's Fact 6379278841223138343

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item