Ini 10 Teori Konspirasi Terbesar dan Paling Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Ini 10 Teori Konspirasi Terbesar dan Paling Terkenal di Dunia

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Ini 10 Teori Konspirasi Terbesar dan Paling Terkenal di Dunia - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Bagaimana pun, dalam kasus ini ada pembelokan logika secara serius (bahkan oleh standar teori konspirasi).

Dalam kasus ini, orang-orang yang berkonspirasi telah mengambil suatu tindakan berani untuk membiarkan media dan masyarakat tetap mencari-cari cerita tentang kematian Mc Cartney – sebelumnya mereka juga menghendaki para penggemar Paul untuk mengetahuinya, dan menempatkannya di sampul album dan musik yang memberikan keterangan detail mengenai kematian McCartney.

Hoax pendaratan di bulan

Pada tahun 1978, ada sebuah film yang menceritakan bahwa astronot Amerika dan NASA telah memalsukan pendaratan di Mars. Meskipun hanya sebuah film biasa, itu adalah gagasan yang menarik, dan bertahan hingga beberapa dekade.

Pada tahun 2001, Fox Television menyiarkan program “Teori Konspirasi: Apakah Kita Sudah Mendarat di Bulan?”, yang membicarakan kembali hal-hal yang diragukan dan "pertentangan-pertentangan" antara versi yang resmi mengenai pendaratan di Bulan dan foto-foto pendaratannya.

Situs web seperti BadAstronomy.com mempunyai halaman demi halaman, poin demi poin, yang berisi sangkalan-sangkalan terperinci dari klaim Fox. Tentu saja, meskipun ada beberapa bukti terpercaya yang menunjukkan bahwa pada 1969 pendaratan di Bulan oleh Apollo 11 adalah sebuah hoax, para pakar teori konspirasi harus juga memperhatikan misi-misi Bulan kemudian, yang menyertakan lusinan astronot.

Dan ada banyak contoh ratusan pound batu Bulan yang telah dipelajari di seluruh dunia, dan telah dibuktikan keasliannya bukan berasal dari bumi kita ini. Bagaimana cara NASA mendapatkan batu tersebut, jika tidak selama pendaratan di Bulan?

Iklan kilas

Pernahkah Anda menonton film di bioskop, dan tiba-tiba diberi makanan ringan atau permen dengan merek tertentu? Atau, ketika menonton sebuah acara TV, tiba-tiba mendapat imbauan yang tidak dapat dicegah untuk membeli sebuah mobil baru? Jika demikian, Anda mungkin korban dari sebuah konspirasi iklan!

Para penganjur, termasuk Wilson Bryan Key (pengarang buku “Subliminal Seduction” atau Godaan Bawah Sadar) dan Vance Packard (pengarang buku "Hidden Persuaders" atau Penganjur-penganjur ^ersembunyi), mengklaim adanya pesan-pesan kepada alam bawah sadar dalam iklan yang merajalela dan merusak.

Buku-buku tersebut telah menyebabkan kepanikan publik, dan mengarahkan kepada sebuah tatap muka dengan FCC. Sebagian isi buku-buku itu diragukan, dan beberapa hasil studi berupa pengaruh iklan terhadap alam bawah sadar yang diungkapkannya adalah palsu.

Sekitar tahun 1980-an, perhatian terhadap pesan-pesan di bawah sadar yang disebarkan kepada kelompok-kelompok seperti Styx dan Judas Priest, dimana kelompok yang disebut terakhir telah digugat pada tahun 1990, karena menurut dugaan telah menyebabkan terjadinya kasus bunuh diri anak remaja disebabkan pesan-pesan di bawah kesadaran (kasus itu kemudian ditutup).

Kematian Putri Diana

Dalam jam-jam kematian Putri Diana pada 31 Agustus 1997, di terowongan jalan raya Paris, teori-teori konspirasi berseliweran. Seperti halnya kasus kematian John F. Kennedy, gagasan mengenai orang yang dicintai publik dan figur kelas tinggi yang tiba-tiba terbunuh sangat mengguncangkan. Khususnya untuk seorang Putri Diana.

Orang sering mendengar pihak kerajaan yang meninggal karena sudah tua, intrik politik, atau terlalu banyak makan makanan enak, tapi tidak pernah ada yang didapati telah dibunuh oleh seorang pengemudi yang mabuk.

Tidak seperti umumnya teori konspirasi, untuk kasus ini telah dilibatkan seorang milyuner, yakni Mohammad Al-Fayed, ayah Dodi Al-Fayed yang ikut terbunuh bersama Diana.

Al-Fayed mengklaim bahwa kecelakaan tersebut kenyataannya sebuah pembantaian yang dilakukan oleh para agen intelijen Inggris, atas permintaan dari keluarga kerajaan.

Konspirasi dalam peristiwa 9/11

Bukti yang berlimpah mengarahkan pada kesimpulan bahwa serangan teroris yang terjadi terhadap gedung kembar WTC (World Trade Center) di New York pada tanggal 11 September 2001, adalah benar-benar hasil dari sebuah konspirasi.

Tidak ada keraguan tentang itu: Baik dari dekat atau sepintas lalu, apabila diperhatikan sungguh-sungguh, ada sesuatu yang secara hati-hati direncanakan dan dieksekusi oleh para konspirator. Pertanyaannya, tentu saja, siapa para konspirator tersebut?

Osama bin Laden dan teman-temannya yang menjadi pembajak adalah bagian dari konspirasi, tapi bagaimana kedudukan Presiden Bush dan Wakil Presiden Dick Cheney dalam kasus ini?

Apakah kepala penasehat Bush, termasuk Paulus Wolfowitz dan Donald Rumsfeld, juga bekerja sama dengan Osama bin Laden, atau dengan sengaja membiarkan serangan-serangan itu terjadi?

Pakar teori konspirasi percaya, dan menunjuk sebuah katalog yang berisi dugaan-dugaan ketidakkonsistenan terhadap "versi yang resmi" dari serangan tersebut. Banyak dari klaim-klaim teknik konspirasi yang diekspos oleh majalah Popular Mechanics pada bulan Maret 2005, selagi klaim-klaim yang lain disangkal oleh logika sederhana.

Majalah tersebut menyebutkan: Jika pesawat udara yang ditabrakkan ke Pentagon itu tidak hancur, seperti yang beberapa kali dikemukakan, lalu di mana pesawat dengan nomor penerbangan 77 tersebut beserta para awak dan penumpangnya berada?

Related

Mistery 3586418581363712374

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item