Boyan Slat, Remaja yang Menemukan Cara Membersihkan Polusi

Boyan Slat, Remaja yang Menemukan Cara Membersihkan Polusi

Naviri Magazine - Sudah umum diketahui, kendaraan bermotor seperti mobil dan motor menghasilkan emisi gas karbon dioksida dan karbon monoksida, yang ikut menyumbang polusi udara. Tetapi dengan kreativitas, ternyata kendaraan bermotor juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi polusi udara.

Seorang remaja bernama Param Jaggi, murid SMA Plano East berusia 17 tahun, telah menemukan teknologi yang memungkinkan sebuah mobil mengonversi karbon dioksida menjadi oksigen, selagi dikendarai.

Param merancang perangkat yang dimasukkan ke dalam pipa knalpot di sisi belakang mobil. Perangkat ini dilengkapi fungsi ganggang atau algae yang mampu menyerap gas, dan mengonversinya menjadi oksigen melalui proses fotosintesis.

Berkat penemuannya, Param memenangkan penghargaan dari Badan Perlindungan Lingkungan untuk penemuan ramah lingkungan, berkat perangkat knalpot mobil pembersih udara bernama Algae Mobile ciptaannya.

Param mendapatkan uang tunai 8.000 dolar selama beberapa tahun berturut-turut karena penemuannya itu. Dan pada tahun 2011, ia mendapatkan penghargaan di Intel International Science Fair.

Related

Science 4859997401809606590

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item