Rahasia Belajar Bahasa Asing Dalam Waktu Cepat (Bagian 1)

Rahasia Belajar Bahasa Asing Dalam Waktu Cepat

Naviri Magazine - Bayangkan Anda melamar sebuah pekerjaan di luar negeri dan hanya tinggal satu masalah saja: keterampilan berbahasa yang tak Anda miliki, dan waktu tak cukup banyak untuk mempelajarinya.

Tampaknya mustahil, tetapi menurut beberapa ahli bahasa, Anda bisa belajar keterampilan dasar untuk berkomunikasi dalam bahasa asing dalam beberapa minggu saja, dan menguasai dasar-dasarnya dalam beberapa bulan.

Sekalipun Anda tetap tak bisa dengan cepat menjadi mahir membaca karya sastra dalam bahasa asing, Anda tetap bisa menguasai ungkapan dan bahasa teknis yang khusus Anda butuhkan untuk bekerja, baik dalam bidang diplomatik maupun di perusahaan multinasional terkemuka.

Bagi banyak orang, tak perlu waktu lama untuk membahas isu-isu terkini dengan seorang penutur asli di Roma, atau menikmati gosip dengan rekan kerja di Paris.

Mulailah berbicara

Kadang perjalanan kerja keliling dunia memaksa Anda mencari cara untuk bisa berbicara dalam berbagai bahasa. Benny Lewis, seorang insinyur, belajar tujuh bahasa – antara lain Spanyol, Prancis, dan Jerman – yang memudahkannya bekerja. Ia juga cukup mahir dalam beberapa bahasa lain, termasuk Mandarin.

Ketika belajar bahasa Spanyol - bahasa asing pertama bagi Lewis - dia butuh waktu setahun. Namun untuk bahasa berikutnya, bahkan termasuk dasar-dasar percakapan dalam bahasa Mandarin, bisa lebih cepat.

Rahasianya: ketika pertama kali harus belajar satu bahasa asing, Lewis membuat catatan-catatan sendiri, sehingga bisa menjawab pertanyaan sederhana dari orang asing. Dan ketika Lewis sudah menguasai bahasa asing lain, dia bahkan bisa bekerja sebagai penerjemah bahasa itu untuk tulisan-tulisan tentang masalah teknik.

Kiat-kiat unggulan dari para ahli bahasa untuk belajar kilat:
  • Berani ambil risiko dan gunakan bahasa itu setiap ada kesempatan.
  • Baca buku anak-anak dan komik dalam bahasa yang sedang Anda pelajari.
  • Ikuti media dalam bahasa bersangkutan.
  • Benamkan diri dalam budaya setempat.
  • Manfaatkan podcast dan aplikasi belajar bahasa asing.
  • Jangan berlatih sendiri; minta masukan dari penutur asli.
  • Jangan takut salah.

Menurut para ahli, buku ungkapan dan petunjuk internet terbukti berguna pada tahap awal, karena alat bantu itu menambah kosa kata dan kepercayaan diri untuk bercakap-cakap dengan penutur asli, yang merupakan langkah pertama dalam belajar bahasa.

“Penghalang terbesar bagi seorang pemula adalah kurangnya kepercayaan diri,” kata Lewis. “Kepercayaan diri saya semakin besar (saat saya bercakap-cakap).”

Tentu saja, diperlukan keberanian untuk berbicara apabila Anda ingin maju dalam belajar bahasa asing, kata para ahli bahasa.

“Banyak orang tak membuat kemajuan apa-apa jika mereka tak membuka mulut,” kata Michael Geisler, wakil presiden sekolah bahasa di Middlebury College, Vermont, Amerika Serikat. “Jika Anda tak berani mengambil risiko, kemajuan akan lebih lambat.”

Jadi jangan takut mengambil risiko atau membuat kesalahan. Ketika mulai belajar bahasa Spanyol, Lewis mengaku ia bicara seperti Tarzan, tokoh fiksi yang hidup di hutan.

“Saya mengatakan ‘saya pergi toko serba ada’. Namun saya mencapai kemajuan karena memulainya. Momen ‘pencerahan’ saya adalah ketika – sesudah dua minggu belajar bahasa Spanyol - sikat gigi saya patah dan saya bisa bertanya untuk mencari gantinya di toko serba ada,” katanya. “Kemana pun saya pergi, orang-orang selalu sabar.”

Benamkan diri Anda

Geisler percaya bahwa 'membenamkan diri' secara total adalah kunci untuk menguasai bahasa asing dengan cepat. Semakin Anda membenamkan diri ke bahasa asing –seperti membaca, mendengar radio atau berbicara dengan orang – maka semakin cepat kemajuan Anda.

Murid-murid di Middlebury College diminta untuk mengikuti semua kegiatan ekstrakurikuler - dari olahraga sampai teater - dalam bahasa yang sedang mereka pelajari. Middlebury, yang juga punya program sarjana, memiliki pelajaran dalam 10 bahasa, termasuk Prancis, Jerman, Cina, dan Ibrani.

Baca lanjutannya: Rahasia Belajar Bahasa Asing Dalam Waktu Cepat (Bagian 2)

Related

Tips 6606682689216467950

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item