Rahasia Belajar Bahasa Asing Dalam Waktu Cepat (Bagian 2)

Rahasia Belajar Bahasa Asing Dalam Waktu Cepat

Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Rahasia Belajar Bahasa Asing Dalam Waktu Cepat - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Cara ini dengan giat juga didorong di Foreign Service Institute di Washington DC, AS, yang melatih bahasa asing untuk diplomat dan aparat Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat. Lembaga ini memiliki ahli untuk melatih 70 bahasa asing.

Kursus berlangsung selama 44 minggu, dengan tujuan mengajar murid mencapai ‘tingkat 3’ dalam bahasa asing: yang artinya mereka dapat membaca dan memahami majalah dalam bahasa asing yang mereka pelajari - setara dengan majalah Time - dan terlibat dalam percakapan mendalam.

Mencapai kemahiran dasar bercakap-cakap dapat diraih dalam waktu lebih singkat, yaitu hanya beberapa minggu menurut para ahli, terutama jika Anda berbicara bahasa itu secara lebih teratur. James North, wakil direktur pengajaran pada Foreign Service Institute, berkata para murid dianjurkan untuk mengenal penutur asli bahasa yang sedang mereka pelajari.

“Anda perlu berinvestasi tidak hanya pada akal, tapi juga dengan hati,” kata North. Misalnya, Anda bisa bekerja sebagai sukarelawan atau terlibat dengan komunitas setempat di restoran maupun kegiatan-kegiatan di lingkungan Anda.

Di kota-kota besar, ada kelompok-kelompok yang bertemu secara teratur – beberapa kali seminggu – yang mempertemukan orang-orang yang sedang berlatih bahasa tertentu. Ada juga pilihan internet.

Lewis menyarankan italki.com, sebuah jaringan sosial belajar bahasa yang menghubungkan penutur asli dengan guru dan murid-murid yang sedang belajar bahasa bersangkutan. Beberapa lainnya adalah lang-8.com dan voxswap.com.

Dengan berbicara secara teratur bersama ahli bahasa atau penutur asli, Anda juga akan memiliki orang yang akan memeriksa dan mengoreksi kemajuan Anda dalam belajar bahasa tersebut.

“Berlatih adalah pangkal kesempurnaan,” kata North. “Tapi praktek tanpa ada masukan, hanya akan menyempurnakan yang Anda sedang pelajari saja. Seorang murid yang naif tak akan memiliki perspektif tentang yang mereka kerjakan. Jadi amat penting untuk memiliki seseorang yang bisa mengatakan ‘ya, Anda di jalur yang benar’.”

Anda perlu meminta kepada lawan bicara untuk memberi masukan dan memastikan mereka boleh mengoreksi cara ucap dan tata bahasa Anda, walaupun para ahli mengatakan tak perlu khawatir pada tata bahasa pada tahap awal.

Gunakan bahasanya dulu, baru fokus pada tata bahasa, kata Lewis. Ketika Anda siap belajar tata bahasa, ia menyarankan penggunaan podcast di situs seperti radiolingua.com atau languagepod101.com yang bermanfaat untuk mempelajari tata bahasa dan membedah bahasa.

“Pada tahap itu, Anda akan punya banyak konteks. Saya akan melihat aturan-aturan dan mengatakan, ‘Begitulah alasannya kenapa mereka menyampaikannya dengan cara seperti itu’,” katanya.

Ketika Anda belajar, pastikan Anda mengkonsumsi media dalam bahasa yang sedang dipelajari. Jika Anda baru memulai, bacalah buku anak-anak bergambar atau tonton film-film terkenal dalam bahasa yang sedang Anda pelajari, saran para ahli.

Sedang jika Anda punya tujuan khusus, seperti misalnya untuk berkomunikasi dengan pasangan Anda atau menggunakan bahasa asing di tempat kerja, motivasi merupakan yang Anda butuhkan untuk memperlancar percakapan.

Namun waspadalah terhadap ambisi yang terlalu besar. Jika Anda mengatakan ingin mahir dalam waktu dua bulan, kemungkinan besar Anda akan kecewa. Namun jika tujuan Anda adalah mencapai tahap bercakap-cakap dengan lancar, terutama untuk penugasan kerja, hal itu sangat mungkin.

Related

Tips 6870136325012708650

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item