Ini 12 Misteri Peradaban Paling Aneh dan Misterius di Dunia (Bagian 1)

Ini 12 Misteri Peradaban Paling Aneh dan Misterius di Dunia

Naviri Magazine - Peradaban manusia telah berlangsung selama ribuan tahun. Selama waktu-waktu yang panjang itu, manusia mengalami perubahan demi perubahan yang memungkinkan mereka makin pintar dan cerdas.

Hasilnya, wujud peradaban yang mereka hasilkan pun semakin canggih dari masa ke masa. Dalam bahasa mudah, peradaban kita hari ini tentu jauh lebih hebat dibanding peradaban ribuan tahun lalu.

Tapi benarkah memang begitu? Berbagai penemuan yang terjadi kemudian menampar kesadaran orang-orang zaman sekarang. Para ilmuwan dan peneliti, juga para arkeolog, dari waktu ke waktu menemukan berbagai tinggalan dari peradaban masa lalu yang ternyata sama canggih atau bahkan lebih canggih dari teknologi yang dihasilkan peradaban masa sekarang.

Pertanyaan pun mengemuka. Bagaimana bisa peradaban di masa lalu menghasilkan sesuatu yang canggih, padahal teknologinya tentu masih primitif? Pertanyaan itu sebagian bisa dijawab, namun sebagian lain masih misterius. Dua belas tinggalan peradaban ini bisa menjadi ilustrasi.

The Grooved Spheres/Klerksdorp Sphere (Afrika Selatan)

Selama beberapa dekade terakhir, penambang di Afrika Selatan telah menggali bola-bola logam misterius. Asalnya tidak diketahui, bola-bola ini berdiameter sekitar satu inci atau lebih, dan ada beberapa yang terukir dengan 3 alur paralel di sepanjang diameter bola.

Dua jenis bola telah ditemukan, yang satu terdiri dari logam padat kebiruan dengan bintik-bintik putih, yang lain terdapat cekungan dan berisi zat putih yang kenyal.

Hebatnya, batu di mana bola-bola tersebut ditemukan ini berasal dari era Prakambrium, dan berumur 3,8 miliar tahun! Siapa yang membuat bola-bola tersebut dan untuk apa tujuannya, tidak pernah diketahui hingga kini.

The Dropa Stones (China)

Pada tahun 1938, sebuah ekspedisi arkeologi yang dipimpin oleh Dr Chi Pu Tei pergi ke pegunungan Baian-Kara-Ula, China, dan membuat penemuan yang mengejutkan di beberapa gua yang tampaknya telah dihuni oleh beberapa kebudayaan kuno.

Terkubur oleh zaman di lantai suatu gua, terdapat ratusan piringan batu (disk stones).

Berdiameter sekitar sembilan inci, masing-masing memiliki lingkaran di tengah dan terukir dengan alur spiral, terlihat hampir seperti “piringan hitam” atau piringan musik zaman kuno. Dari penghitungan karbon, benda itu berumur 10.000–12.000 tahun.

Alur spiral tersebut, ternyata terdiri dari huruf hieroglif kecil yang menceritakan kisah menakjubkan tentang pesawat ruang angkasa dari dunia yang jauh, dan jatuh di pegunungan tersebut.

The Ica Stones (Peru)

Pada awal tahun 1930-an, ayah Dr Javier Cabrera, antropolog kebudayaan Ica, Peru, menemukan ratusan batu untuk upacara pemakaman di makam suku Inca kuno.

Dr Cabrera, yang melanjutkan pekerjaan ayahnya, telah mengumpulkan lebih dari 1.100 batu andesit tersebut, yang diperkirakan berumur 500-1.500 tahun, dan telah dikenal luas sebagai Ica Stones.

Batu-batu tersebut berukiran, kebanyakan bergambar/bergrafis (yang umum bagi kebudayaan), patung berhala, dan yang lain menggambarkan praktek-praktek kedokteran seperti operasi jantung dan transplantasi otak.

Namun, apa pun itu, ukiran yang paling menakjubkan dan jelas adalah menggambarkan dinosaurus seperti Brontosaurus, Triceratops, juga ada Stegosaurus dan Pterosaurus!

Giant Stone Balls (Costa Rica)

Saat para pekerja mencangkul dan membakar melalui lebatnya hutan Kosta Rika, guna membersihkan area untuk perkebunan pisang di tahun 1930-an, aktivitas itu terhambat oleh beberapa obyek yang luar biasa: puluhan bola batu!

Kebanyakan bola tersebut berbentuk bundar, bahkan tak sembarang bundar, namun bundar sempurna.

Ukuran mereka bervariasi, dari yang kecil seperti bola tenis sampai yang besar berdiameter 8 kaki (2,4 m) dengan berat 16 ton! Selama beberapa dekade berikutnya, sekitar 300 batu digali, terutama di wilayah Delta Diquis. Bola dengan berbagai ukuran, mulai dari yang berdiameter beberapa centimeter hingga lebih dari 2 meter, ditemukan di dalam hutan.

Oera Linda Book

Buku Oera Linda adalah naskah Frisian yang kontroversial, mencakup tema sejarah, mitologi, dan religius, yang pertama kali muncul di abad ke-19. Tema di dalam Buku Oera Linda termasuk katastrofisme, nasionalisme, matrilineal, dan mitologi.

Buku tersebut menyatakan bahwa Eropa dan daratan lainnya, dalam sejarah mereka, diperintah oleh serangkaian “Ibu Rakyat” yang terpimpin dalam hirarkisme pendeta-pendeta perempuan (perawan) yang mempersembahkan dirinya untuk dewi Frya, putri dewa tertinggi, Wr-Alda dan Irtha, sang Ibu Bumi.

Buku itu juga menyatakan bahwa peradaban Frisian menguasai alfabet yang merupakan leluhur abjad Yunani dan Fenisia. Juga disebutkan bahwa dahulu kala pernah terjadi tsunami besar yang memusnahkan banyak kerajaan dan berbagai peradaban di seluruh dunia.

Naskah tersebut bertanggal tahun 1256. Diklaim bahwa buku tersebut adalah salinan dari naskah yang jauh lebih tua. Dan, jika asli, ditulis oleh orang-orang di antara tahun 2194 SM – 803 M.

Impossible Fossils (lokasi dirahasiakan)

Fosil, seperti yang kita pelajari di sekolah dasar, muncul dalam batuan yang terbentuk ribuan tahun yang lalu. Namun ada sejumlah fosil yang tidak masuk akal, baik secara geologi maupun sejarah.

Sebuah fosil jejak tangan manusia, misalnya, ditemukan di batu kapur yang diperkirakan berumur 110 juta tahun.

Sebuah fosil jari manusia yang ditemukan di Kutub Utara Kanada juga berumur 100-110 juta tahun. Dan terdapat fosil jejak kaki manusia, kemungkinan memakai sandal, ditemukan dekat Delta, Utah, dalam endapan serpih, diperkirakan berumur 300 juta-600 juta tahun.

Namun karena semua ini, terjadi kehebohan dan sikap kontroversial, akibat umurnya yang begitu lama. Fosil ini akhirnya dirahasiakan eksistensi atau keberadaannya.

Baca lanjutannya: Ini 12 Misteri Peradaban Paling Aneh dan Misterius di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 4416050287615306545

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item