Misteri Suara Aneh yang Didengar Para Astronot di Luar Angkasa

 Misteri Suara Aneh yang Didengar Para Astronot di Luar Angkasa

Naviri Magazine - Astronot yang tergabung dalam tim penjelajahan ruang angkasa Apollo 10 pada 1969 silam, ternyata berhasil menemukan misteri lain selain temuan mereka, selama mengorbit Bulan.

Misi yang dilaksanakan dua bulan sebelum misi fenomenal Neil Armstrong tersebut berhasil menangkap sebuah gelombang suara yang terdengar seperti alunan musik, sebuah suara yang belum pernah mereka dengar sebelumnya. Anehnya, suara tersebut tertangkap ketika mereka mengorbit di sisi jauh Bulan.

Sebagaimana dilansir Daily Mail, para astronot yang mengorbit di Bulan selama satu jam tersebut sangat terkejut ketika mendengarnya. Mereka juga sekaligus bingung mencari jawaban dari mana suara misterius itu berasal.

Dalam rekaman percakapan terungkap, para astronot yang meliputi Eugene Cernan, Tom Stafford, dan John Young, ini terdengar berdebat mengenai asal muasal suara tersebut. Mereka juga berdiskusi untuk memutuskan apakah akan memberitahukan hal itu kepada pusat kendali di Bumi atau tidak.

"Apakah kamu mendengarnya? Apakah itu suara siulan? Whoooo!"

"Ini seperti suara musik luar angkasa," timpal astronot lainnya.

"Benar, ini musik yang aneh," demikian yang terdengar dalam rekaman percakapan tersebut.

Mereka cukup yakin bahwa suara misterius yang terdengar selama satu jam itu bukan berasal dari Bumi. Lantaran saat itu mereka sedang mengorbit di sisi jauh orbit Bulan, yang berada di luar jangkauan sinyal transmisi radio, atau berada di luar jangkauan sinyal dari Bumi.

Dugaan muncul bahwa suara itu sebenarnya berasal dari efek medan magnetik atau efek dari interaksi atmosfer dengan gelombang radio. Akan tetapi, ini disanggah oleh para ahli yang menjelaskan bahwa Bulan tidak memiliki medan magnetik dan tidak cukup memiliki atmosfer untuk membuat suara tersebut.

Adapun sekembalinya ke Bumi, NASA langsung menyimpan dan merahasiakan bukti rekaman suara misterius itu. Hingga pada tahun 2008 akhirnya mereka pun mulai menelitinya.

Selama itu pula, para astronot tidak pernah memperbincangkan atau membocorkan temuan mereka ke publik.  Kini, fakta soal rekaman misterius itu diungkap ke publik lewat tayangan Science Channel bertajuk NASA Unexplained Files.

Related

Science 1235500769552359167

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item