Sofia Kovalevskaya, Ilmuwan Wanita yang Memukau dari Rusia

Sofia Kovalevskaya, Ilmuwan Wanita yang Memukau dari Rusia

Naviri Magazine - Sofia Kovalevskaya merupakan ilmuwan wanita yang suka hal-hal matematis. Di usianya yang 11 tahun, ia sudah bisa melakukan perhitungan kompleks, dan bahkan memenuhi dinding kamarnya dengan rumus-rumus kalkulus.

Suatu ketika, ia juga pernah diberi sebuah buku fisika di usianya yang 14 tahun. Hebatnya, ia bisa membedah rumus-rumus fisika tersebut dengan amat baik.

Sofia pun melanjutkan pendidikannya di universitas. Ia menikahi seorang pemuda bernama Vladimir Kovalevsky. Mereka berdua pindah ke Jerman, dan Sofia makin menggila dalam prestasi.

Ketika itu, ia belajar kepada matematikawan kenamaan, Karl Weierstrass, dan berhasil memukau sang guru. Prestasi paling membanggakan Sofia adalah berhasil menang dalam Prix Brodin, dan masuk dalam deretan wanita Eropa pertama yang jadi guru besar.

Karya paling fenomenalnya adalah teori persamaan diferensial yang bikin mahasiswa matematika pusing. Wanita ini meninggal ketika menjabat sebagai profesor di Universitas Stokholm, lantaran influenza dan bakteri pnuemonia.

Related

Science 1585988133961957243

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item