Ini 5 Tokoh Jenius yang Semasa Kecilnya Dianggap Bodoh

Ini 5 Tokoh Jenius yang Semasa Kecilnya Dianggap Bodoh

Naviri Magazine - Terkait orang-orang jenius, banyak di antara mereka yang justru di masa kecilnya dianggap bodoh dan terbelakang. Mungkin karena cara berpikir anak-anak jenius itu yang memang dianggap berbeda dengan anak-anak kebanyakan, sehingga gurunya di sekolah bahkan orang tuanya sendiri kebingungan.

Berikut ini adalah lima orang yang terkenal jenius di dunia, namun di masa kecilnya dulu dianggap bodoh, idiot, dan terbelakang.

Thomas Alva Edison

Thomas Alva Edison pernah dianggap bodoh karena selalu mempertanyakan jawaban gurunya. Karena keingintahuannya yang tinggi, ia pun dikeluarkan dari sekolah. Pendidikan formal yang ia tempuh di sekolah hanya bertahan 3 bulan. Beruntung, ibu Thomas dahulu seorang guru, sehingga dapat mengajar Thomas di rumah.

Siapa yang menyangka, berkat kerja keras Thomas Alva Edison selama bertahun- tahun, dengan melakukan percobaan sebanyak 999 kali dan hanya mendapat pendidikan di sekolah selama 3 bulan, akhirnya ia menjadi penemu bola lampu pijar.

Albert Einstein

Einstein lahir pada 14 Maret 1879 di sebuah kota di Jerman, bernama Ulm. Keluarga Einstein bukan keluarga mampu, alias keluarga kebanyakan. Keluarga ini pun harus berpindah pindah untuk mencari penghidupan yang lebih baik.

Semasa sekolah, dia selalu di anggap bodoh karena dia sangat lamban dalam menyerap pelajaran yang diberikan. Bahkan ada pula yang mengatakan dia idiot dan dungu. Einstein memang anak yang mengidap autisme, dan terlambat bicara. Namun keterbatasan itu tidak membuatnya patah semangat atau pun putus asa.

Pada tahun 1921, Einstein di anugerahi penghargaan Nobel dalam Fisika, atas kepandaiannya mengemukakan teori relativitas yang dikenal dengan rumus E=mc2. Teori relativitas menyumbang banyak pengembangan dalam bidang matematika dan fisika.

Charles Darwin

Darwin lahir pada 12 Februari 1809 di Shrewsbury, Inggris, dan meninggal di Kent, Inggris, pada 19 april 1886 di umur 72 tahun.

Saat duduk di bangku sekolah dasar, Darwin tidak menunjukkan prestasi di bidang akademik, bahkan sering dianggap bodoh, karena pada tahapan belajarnya tidak memperoleh kemajuan.

Namun Darwin memperlihatkan minatnya di bidang geologi yang berhubungan dengan serangga, tanaman, dan benda-benda geologi lainnya. Dia pun menjadi pecinta alam dan ikut dalam ekspedisi HMS Beagle. Tim HMS Beagle berlayar dan mengunjungi banyak negeri di lautan Pasifik Selatan.

Minatnya pun terus berkembang hingga menghasilkan buku berjudul The Origin of Species. Buku ini sangat terkenal, karena menjelaskan teori evolusi. Teori ini menyumbangkan banyak ilmu bagi para peneliti dan ilmuwan sekarang.

Aristotle Onassis

Di sekolah, ia bodoh dan suka mencari perkara. Tidak aneh kalau ia diusir dari beberapa sekolah. Ia paling sering menduduki ranking terbawah di kelasnya. Salah seorang gurunya berkata, “Entah mau jadi apa anak bodoh ini.”

Tapi teman-teman sekelas memuja dia, dan guru-guru serta keluarganya berputus asa. Selagi masih muda, dengan mudah orang dapat melihat bahwa dia akan menjadi orang yang akan menghancurkan diri sama sekali atau sukses gilang-gemilang. Walaupun raportnya di sekolah jauh dari bagus, bakatnya berdagang dan mencari uang telah tampak sejak dini. Akhirnya dia menjadi seorang milyuner.

Bahkan, pada masa tuanya, dia menikah dengan Jaqueline, janda mendiang Presiden Kennedy dari USA yang terkenal sangat cantik.

Stephen Hawking 

Hawking lahir di Oxford, Britania Raya, pada 8 Januari 1942. Melihat kesuksesannya, tidak ada yang mengetahui bahwa masa kecilnya amat kelam. Hawking mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis ketika berumur 8 tahun. Ketika ia berumur 12 tahun, teman-temannya pernah bertaruh sekantong permen bahwa Hawking tak akan mempunyai masa depan, dan tidak akan menjadi apa-apa.

Setelah lulus dari sekolah, Hawking melanjutkan pendidikan akademiknya ke Universitas Oxford, tempat dimana ayahnya dulu bersekolah, dan mengambil jurusan fisika.

Dari pengetahuan yang ia dapatkan, ia membuat teori-teori yang banyak membantu dunia sains. Teori-teori yang paling terkenal adalah teori Blackhole, gravitasi kuantum, radiasi Hawking, dan teori kosmologi.

Related

Science 7604235234949464925

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item