Penting, Ini 5 Kesalahpahaman tentang Bunuh Diri yang Perlu Kita Tahu

Penting, Ini 5 Kesalahpahaman tentang Bunuh Diri yang Perlu Kita Tahu

Naviri Magazine - Banyak penyebab bunuh diri. Salah satu penyebabnya adalah karena orang-orang di sekitarnya tidak tahu cara mencegah agar seseorang tidak bunuh diri.

Orang yang bunuh diri mungkin tidak pernah meminta tolong, tetapi bukan berarti mereka tidak mau atau tidak ingin mendapat pertolongan. Sebagian besar orang yang bunuh diri sebenarnya tidak ingin mati, mereka hanya ingin penderitaannya atau kesusahannya berakhir.

World Health Organization (WHO), organisasi kesehatan sedunia, memperkirakan bahwa ada sekitar 1 juta per tahun orang meninggal karena bunuh diri. Mengapa orang nekat mengakhiri hidupnya?

Bagi kita yang tidak pernah merasakan seperti apa yang mereka rasakan, sepertinya tidak masuk akal ada orang sampai bunuh diri. Orang yang bunuh diri merasa sangat menderita dan putus asa, serta melihat bahwa mengakhiri hidup adalah satu-satunya jalan terlepas dari penderitaan.

Bunuh diri adalah usaha orang yang sudah putus asa dalam mengatasi penderitaan yang sudah tidak tertahankan lagi. Orang yang akan melakukan bunuh diri sudah dibutakan oleh rasa benci kepada diri sendiri, tidak ada harapan, tidak bisa ditolong lagi, dan terisolasi, sehingga hanya melihat mengakhiri hidup sebagai satu-satunya jalan keluar.

Sebenarnya, orang yang berkeinginan bunuh diri selalu merasa bingung atau ragu tentang keinginannya untuk mengakhiri hidupnya. Hanya saja, mereka tidak bisa melihat alternatif lain yang lebih baik.

Lebih jauh, berikut ini adalah beberapa kesalahpahaman terkait orang bunuh diri, dan upaya yang bisa kita lakukan dalam mengenali tanda-tanda orang ingin bunuh diri.

Orang yang menyampaikan keinginan untuk bunuh diri, tidak pernah benar-benar melakukannya

Hampir semua orang yang bunuh diri telah memberikan tanda atau sinyal bahwa mereka akan bunuh diri, atau mempunyai keinginan untuk bunuh diri. Jangan anggap enteng tanda-tanda tersebut. Beberapa pernyataan seperti, ”Kamu akan menyesal bila aku mati”, “Aku tidak bisa lagi melihat jalan keluarnya”.

Meskipun hal tersebut disampaikan sambil lalu atau secara main-main, hal tersebut perlu mendapat perhatian serius, karena merupakan tanda-tanda orang yang mempunyai keinginan untuk bunuh diri.

Setiap orang yang mencoba bunuh diri pasti telah gila

Hampir semua orang yang bunuh diri tidak menderita gangguan jiwa psikotik atau gila. Mereka memang mengalami kesedihan, putus harapan, sedang berduka cita, namun keadaan stres berat atau merasakan kesakitan emasional bukan tanda seseorang menderita gila.

Bila seseorang telah berniat bunuh diri, maka tidak akan ada yang bisa menghalanginya

Sebenarnya, meskipun seseorang dalam keadaan depresi yang mendalam, perasaan mereka tentang kematian masih mendua. Kebimbangan atau keraguan antara ingin tetap hidup atau ingin mati terus berkecamuk, sampai saat-saat terakhir sebelum melakukan bunuh diri.

Hampir semua orang yang bunuh diri tidak ingin mati, mereka hanya ingin berhenti merasakan kepedihan yang sudah tidak tertahankan. Dorongan hati untuk tetap hidup kadang terkalahkan oleh keinginan untuk mengakhiri kepedihan. Namun, kadang kepedihan tersebut bisa juga dikalahkan dorongan hati untuk tetap hidup.

Orang yang berkeinginan bunuh diri adalah orang-orang yang tidak mau meminta tolong

Penelitian di negara-negara barat menunjukkan bahwa sekitar separuh orang yang bunuh diri telah mendatangi dokter dalam kurun 6 bulan sebelum kematiannya.

Bicara soal bunuh diri akan membuat orang timbul ide untuk bunuh diri 

Anda tidak membuat seseorang bunuh diri hanya karena bicara soal bunuh diri. Malahan kebalikannya yang benar. Berbicara tentang masalah bunuh diri secara terbuka kepada orang yang punya niat bunuh diri merupakan salah satu cara ampuh dalam mencegah orang tersebut bunuh diri.

Related

Psychology 7848229329486150825

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item