Lubang Hitam, Misteri Alam Semesta yang Membingungkan Ilmuwan

Lubang Hitam, Misteri Alam Semesta yang Membingungkan Ilmuwan

Naviri Magazine - Sejak blackhole (lubang hitam) diprediksi oleh para ilmuwan, tidak ada yang menyangka kalau hal seaneh blackhole bisa benar-benar ada di luar angkasa.

Albert Einstein dulu yakin alam tidak akan memperbolehkan fenomena seaneh blackhole untuk eksis. Tapi sekarang kita sudah menemukan jutaan blackhole di luar sana, mulai dari ukuran raksasa (15-20 kali ukuran matahari) sampai yang super raksasa (seukuran jutaan kali matahari), yang berdiam di setiap pusat galaksi besar.

Blackhole seperti sebuah lubang di luar angkasa yang begitu curam, sehingga benda apa pun yang dekat dengannya akan tersedot masuk ke dalamnya, bahkan cahaya pun tak bisa lolos.

Misteri terbesar blackhole bukan bagaimana benda aneh ini bisa terbentuk, kita sudah tahu itu. Blackhole terbentuk ketika bintang raksasa sudah kehabisan bahan bakar sehingga ia ambruk ke pusat, terkompres sampai ukurannya sangat kecil, namun sangat 'berat', sehingga menusuk fabrik ruang waktu, dan membentuk sebuah lubang dengan gaya tarik gravitasi yang mengerikan.

Misteri terbesarnya adalah, apa yang tersembunyi di dalam blackhole? Apakah hanya ada sebuah titik (yang dinamakan singularity) yang di dalamnya ditemukan semua atom dari materi yang ia hisap? Atau mungkinkah lubang hitam adalah pintu ke universe lain, sebuah dunia lain, yang kini dikenal dan diakui ada oleh para ilmuwan, sebagai paralel universe?

Intinya, kita tidak tahu apa yang ada di balik blackhole, karena tidak ada benda apa pun yang bisa keluar dengan selamat setelah masuk ke blackhole.

Related

Science 5514518221227974242

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item