Tips Sederhana Bagi yang Ingin Memulai Usaha atau Membangun Bisnis

Tips Sederhana Bagi yang Ingin Memulai Usaha atau Membangun Bisnis

Naviri Magazine - Tips bisnis menjadi seorang pengusaha untuk mereka yang memulainya akan sangat berguna. Sebab, selain kebutuhan modal, banyak hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan sebelum menjalankan bisnis.

Founder Yukbisnis.com, salah satu portal toko online di Indonesia, Jaya Setiabudi, memberikan saran agar para pebisnis pemula bisa memulai menjadi seorang reseller produk.

Menurut dia, dengan menjadi reseller, setidaknya akan memberikan kemudahan mencari produk awal terkait peluang usaha tersebut.

"Jika pemula, lebih mudah menjadi reseller, baru nanti ke brand owner. Setelah itu menjadi produsen sendiri," katanya.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan pebisnis pemula ingin langsung membangun merek sendiri. Dia memberikan tips bisnis jika membangun merek sendiri, harus mempersiapkan rencana jangka panjang.

Sebab, membangun merek berarti sebuah produk harus memiliki diferensiasi, value dan branding. Sementara jika menjadi reseller, kita tinggal langsung menjual produk tanpa memikirkan banyak hal, termasuk branding produk.

Adapun tingkatan setelah reseller, tips bisnis untuk pemula adalah mulai membangun merek atau menjadi brand owner atau menjadi produsen.

"Seharusnya tidak harus menjadi produsen, saya pribadi tidak menjadi produsen tapi menjadi brand owner," tuturnya.

Related

Tips 6373644287567805311

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item