Berapa Jumlah yang Harus Ditabung dari Gaji Setiap Bulan?

Berapa Jumlah yang Harus Ditabung dari Gaji Setiap Bulan?

Naviri Magazine - Akhir bulan menjadi kabar menggembirakan bagi karyawan yang sedang gajian. Mendapatkan uang dari hasil banting tulang selama sebulan bakal terbayar.

Namun, jangan sampai pemasukan yang baru diterima langsung ludes begitu saja. Padahal, masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi.

Untuk mencegah hal itu terjadi, perencana keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), Andy Nugroho, menyarankan agar mulai membiasakan aktivitas menabung.

Nah, berapa idealnya menabung setiap bulan?

"Yang namanya nabung jangan dilihat dari besar kecil nomimalnya. Misal dengan gaji UMR Jakarta Rp 3,7 juta, maka idealnya kita nabung 10 persen atau Rp 370 ribu. Tapi suatu saat kita kepepet lagi banyak pengeluaran, dan hanya bisa nabung Rp 50 ribu, ya tetap lakukan saja," kata Andy.

Menurut Andy, mulanya tidak begitu penting berapa nominal yang harus ditabung. Sebab, aktivitas tersebut harus menjadi kebiasaan. Sehingga seorang karyawan tidak kebingungan kalau ada keperluan mendadak, karena tabungan sudah cukup.

"Karena goalnya adalah menabung itu bisa menjadi kebiasaan dan gaya hidup kita," ujar Andy.

Meski begitu, Andy tak mempermasalahkan kalau ada karyawan yang ingin membelanjakan sebagian besar gajinya untuk membeli barang. Ia hanya menegaskan perencanaan keuangan yang matang akan berdampak baik untuk masa depan.

"Dan yang namanya merencanakan keuangan itu bukan urusan setahun, dua tahun saja, tapi bisa dibilang sepanjang hidup kita. Dan kalau sampai kita salah mengelola ataupun ada musibah, maka memperbaikinya bisa jadi butuh waktu yang lama juga, bisa mencapai tahunan juga,” terang Andy.

Related

Tips 5290253487062568338

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item