Rahasia di Balik Kesksesan eBay Menjadi Situs Jual Beli Terbesar

Rahasia di Balik Kesksesan eBay Menjadi Situs Jual Beli Terbesar

Naviri Magazine - eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar dengan nama AuctionWeb. Awalnya, situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftarkan nama domain EchoBay.com, namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi eBay.com.

eBay bermarkas di San Jose, California, dan Meg Whitman menjadi presiden eBay dan CEO sejak Maret 1998.

EBay menjadi yang terbesar sekarang, karena berhasil memanfaatkan momentum sebagai yang pertama mendapatkan user sebanyak-banyaknya. Awalnya dilakukan dengan menawarkan servisnya secara gratis. Setelah penggunanya mulai banyak, barulah eBay mulai menarik bayaran untuk listing fee.

Saat itu, beberapa kompetitor mulai muncul dan beberapa malah menawarkan listing fee gratis. Untung buat eBay, saat itu jumlah user situs web-nya sudah mencapai jumlah banyak.

Malah, sewaktu raksasa Yahoo! membuka Yahoo! Auctions dan menawarkan listing fee secara gratis juga, eBay tidak terpengaruh. Beberapa pemakai eBay yang sempat tergoda tawaran Yahoo! dan beralih ke sana akhirnya kembali ke pangkuan eBay karena para pembeli tidak bisa menemukan penjual yang banyak; dan para penjual tidak bisa menemukan pembeli yang banyak.

Di sini kita bisa melihat betapa berharganya network effect. Nilai jaringan eBay sudah membengkak sedemikian rupa, sehingga walau eBay menaikkan listing fee-nya pun, tidak banyak yang berpikir untuk pindah.

Lewat network effect, eBay berhasil menciptakan value yang besar (eksponensial bila dibanding jumlah penggunanya), sekaligus mampu mendapatkan sebagian besar dari value tersebut.

Menariknya, Yahoo! yang belajar dari pengalaman tersebut berhasil membalik keadaan sewaktu masuk ke Jepang. Yahoo! masuk ke Jepang mendahului eBay, dan itulah pasar satu-satunya di mana eBay kalah bersaing, dan akhirnya eBay memutuskan keluar dari Jepang.

Pentingnya network effect dalam industri online auction membuat eBay dan Yahoo! berusaha saling mendahului masuk ke pangsa pasar regional lainnya, walau awalnya mereka harus merugi terlebih dahulu.

Related

Internet 5038327723964065131

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item