Ini 20 Superhero Jepang yang Populer dan Paling Berpengaruh di Dunia

Ini 20 Superhero Jepang yang Populer dan Paling Berpengaruh di Dunia

Naviri Magazine - Selain superhero Amerika semisal Superman dan Batman, Jepang juga punya tokoh-tokoh superhero yang sama dikenal dunia. Indonesia termasuk negara yang akrab dengan tokoh-tokoh superhero Jepang, karena kisah mereka kerap muncul di serial televisi.

Berikut ini adalah dua puluh superhero Jepang yang dianggap paling populer sekaligus memiliki dampak budaya besar, khususnya bagi Jepang dan dunia.

Ultraman 

Ultraman bukan superhero tunggal, tapi ada seratus Ultraman yang dikenal dengan Ultra Crusader. Mereka adalah humanoid super-raksasa bertenaga surya dari ruang angkasa, yang membela bumi dari monster raksasa dan alien.

Ultra Crusader memiliki banyak kekuatan super. Satu kelemahan mereka, hanya bisa tinggal di bumi selama 3 sampai 5 menit sebelum kekuatan mereka habis. Mereka harus secara teratur kembali ke ruang angkasa untuk mengisi ulang baterai mereka.

Ada lebih dari 20 acara TV serial Ultraman, dan lebih dari 20 film Ultraman sejak pertengahan 1960-an.

Kamen Rider

Kamen Rider adalah seri panjang yang terus berjalan dari manga, program TV, dan film. Seperti halnya Ultraman, Kamen Rider pun bukan superhero tunggal, ada lebih dari 100 Kamen Rider. Namun, tidak seperti Ultraman yang merupakan humanoid raksasa, Kamen Rider seperti belalang yang naik motor.

Super Sentai (Power Rangers)

Super Sentai adalah seri tokusatsu superhero lainnya, dengan puluhan serial TV, film, dan karakter. Mereka lebih dikenal dengan sebutan Power Rangers.

Sailor Moon

Sailor Moon merupakan tim gadis remaja yang bisa berubah menjadi pahlawan, yang memiliki kekuatan bulan.

Metal Hero (Space Sherrif)

Metal Hero adalah serial superhero tokusatsu yang menampilkan berbagai macam android, cyborg, dan manusia, yang memakai pakaian metalik.

Astro Boy 

Pertama kalinya Astro Boy menuai kesuksesan pada tahun 1952. Astro Boy berlatar belakang dunia masa depan, di mana robot dan manusia hidup berdampingan.

Astro Boy adalah robot canggih dengan kemampuan mengekspresikan emosi manusia. Dia melindungi manusia dari robot-robot yang tidak senang dengan manusia, robot yang marah, dan dari serangan alien.

Gatchaman

Lima pemuda superhero ninja yang melindungi sumber daya alam dunia dari robot raksasa.

Mazinger Z

Mazinger Z adalah robot super raksasa terbuat dari logam, yang disebut Alloy Z. Super logam ini terbuat dari elemen baru (Japanium) yang hanya ditemukan jauh di dalam Gunung Fuji.

Pegas (Tekkaman)

Pegas adalah Tekkaman, manusia super kuat dengan baju besi yang tidak dapat dihancurkan, dengan dilengkapi berbagai macam senjata dan alat-alat yang super.

Honey Kisaragi

Seorang gadis 16 tahun yang mengetahui bahwa dia adalah android super.

Inazuman

Inazuman adalah seorang mutan, pakaiannya dapat menyerap energi kintetik dari setiap serangan musuh.

Spiderman Jepang

Tidak banyak yang tahu kalau dulu Jepang memiliki pahlawan super Spiderman. Tepatnya pada 1978, Spiderman telah dilisensi oleh sebuah perusahaan produksi TV Jepang. Sebanyak 41 episode telah diproduksi. Spiderman ini sangat berbeda dari versi Amerika. Spiderman Jepang memiliki robot raksasa yang disebut Leopardon.

Gekko Kamen

Gekko Kamen merupakan superhero terkenal Jepang dari tahun 1950-an. Gekko Kamen memiliki identitas rahasia (yang tidak pernah terungkap). Aktor serial TV dan Movie hanya memberikan tanda/clue “?”.

Gekko Kamen memakai sorban di wajahnya. Dia dipersenjatai dengan shuriken (senjata ninja yang berbentuk seperti bintang), cambuk, dua six-shooter, dan dua boomerang. Ia mengendarai sepeda motor.

Ogon Bat

Ogon Bat adalah superhero Jepang yang dibuat oleh penulis Ichiro Suzuki dan illustrator Takeo Nagamatsu, dan pertama kali terbit pada 1930. Ogon Bat merupakan bapak superhero Jepang, karena ia merupakan tokoh superhero pertama yang ada di Jepang.

Cyborg 009

Sebuah tim superhero yang dipimpin oleh Joe Shimura, remaja Jepang. Joe adalah cyborg yang dapat bergerak begitu cepat.

Tetsuo Shima (Akira)

Seorang manusia dengan kekuatan batin yang sangat besar. Namun semakin besar ia menggunakan kemampuannya, semakin tidak mampu pula ia mengontrol kekuatannya.

Megaloman

Seorang pria yang mempelajari seni bela diri, dan secara rahasia ada planet lain yang memberinya kekuatan super.

Super Robot Red Baron

Sebuah organisasi jahat mencuri semua robot super di seluruh dunia dalam satu waktu. Hanya satu robot super yang berhasil lolos, ialah Super Robot Red Baron.

Mirrorman

Mirrorman adalah seorang wartawan foto bernama Kyotaro Kagami, yang menemukan rahasia dari masa lalunya. Ayahnya adalah superhero alien yang tinggal di sekitar dimensi lain, yang disebut Mirrorman. Sedangkan ibunya manusia normal.

Oleh karena itu, Kyotaro Kagami hanya memiliki setengah dari kekuatan super Mirrorman. Dia menggunakan kekuatannya untuk melindungi bumi dari serangan makhluk asing luar angkasa.

Kikaider

Kikaider adalah tokoh superhero Jepang yang muncul di awal 1970-an, yang (anehnya) lebih populer di Hawaii daripada Jepang. Kikaider adalah robot humanoid.

Related

Entertaintment 8971356661453470060

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item