Benarkah Karbon Dioksida Tidak Punya Efek Pada Pemanasan Global?

Benarkah Karbon Dioksida Tidak Punya Efek Pada Pemanasan Global?

Naviri Magazine - Mitos ini dianggap sebagai suatu hal yang masuk akal, tapi sebenarnya salah sama sekali. Tahun 1856, ilmuwan Amerika, Eunice Newton Foote, melakukan percobaan dengan sebuah pompa udara, dua silinder kaca, dan empat termometer.

Percobaan Foote menunjukkan bahwa sebuah silinder yang mengandung karbon dioksida dan ditempatkan di bawah sinar matahari menjebak lebih banyak panas, dan bersuhu lebih hangat serta lebih lama, daripada sebuah silinder dengan udara normal.

Para ilmuwan telah mengulangi percobaan ini di laboratorium dan di atmosfer, dan berulang kali menunjukkan efek rumah kaca dari karbon dioksida.

Sementara, untuk argumen yang berdasarkan “akal sehat” bahwa ukuran kecil tidak mempunyai pengaruh bisa dipatahkan dengan kenyataan bahwa orang dewasa bisa mati bila diberi 0,1 gram sianida, yaitu sekitar 0,0001% dari berat badan Anda.

Bandingkan ini dengan karbon dioksida, yang saat ini berjumlah 0.04% di atmosfer, dan merupakan gas rumah kaca yang kuat. Sementara itu, nitrogen membentuk 78% atmosfer dan sangat tidak reaktif.

Related

Science 5826330622688314307

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item