Mengenal Vibranium dan Adamantium, Logam Terkuat di Dunia Marvel

Mengenal Vibranium dan Adamantium, Logam Terkuat di Dunia Marvel

Naviri Magazine - Kalau kita sering membaca komik Marvel atau menonton film-film superhero Marvel, kemungkinan besar kita mengenal istilah Vibranium dan Adamantium.

Dua nama itu adalah sebutan untuk logam paling kuat di dunia Marvel, yang kebanyakan digunakan sebagai senjata. Captain America, misalnya, memiliki tameng yang terbuat dari Vibranium. Sementara Wolverine memiliki cakar yang terbuat dari Adamantium.

Bagaimana asal usul dua logam yang sangat kuat itu?

Vibranium merupakan salah satu jenis logam dari berbagai logam asli yang hampir tidak bisa dihancurkan. Logam fiksi milik Marvel ini diceritakan berasal dari meteor berukuran besar yang mengandung mineral langka Vibranium, yang menabrak Bumi 10.000 tahun yang lalu, dan pertama kali ditemukan di Antartika.

Karena Vibranium terbentuk dari meteor langka, logam ini jumlahnya sangat terbatas dibanding Adamantium yang dapat dibuat manusia. Vibranium juga lebih mudah ditempa dan dibentuk dibanding Adamantium. Sifat Vibranium sangat kuat, karena mampu menahan getaran; ikatan atom di dalam Vibranium akan bertambah sangat kuat setelah menyerap getaran.

Artinya, semakin kuat logam ini diserang, akan semakin kuat pula logam Vibranium bertahan.

Lantas bagaimana cara menghancurkannya? Di dunia Marvel, sebenarnya ada sebuah aturan tak tertulis, di mana hanya logam yang memiliki tingkat kekerasan yang setara atau lebih tinggi dapat menghancurkan logam tersebut. Itu berarti Vibranium dapat dihancurkan oleh Vibranium lain, atau unsur-unsur lain yang lebih baik dibanding Vibranium.

Dalam komik, Vibranium pertama kali muncul di Daredevil #13 pada 1966, karangan Stan Lee. Di komik inilah dikenalkan Vibranium sebagai unsur logam dengan karakteristik yang tidak biasa dan bersifat aneh. Sejak, itu Marvel mulai membagi Vibranium ke dalam 2 versi.

Pertama, Vibranium yang hanya dapat ditemukan di Antartika, lebih dikenal sebagai Anti-Metal, yaitu Vibranium yang dapat memotong semua logam yang dibuat manusia. Versi ini dapat kita temukan di komik Daredevil #13.

Kedua, versi yang kita kenal saat ini dalam versi film, yaitu Vibranium yang terdapat di negara yang sangat terisolasi, yaitu Wakanda. Versi ini unik, karena Vibranium dapat menyerap energi kinetik dan gelombang suara secara bersamaan. Versi kedua ini muncul dalam komik Fantastic Four #53 di tahun yang sama (1966), dan dikarang juga oleh Stan Lee.

Dalam versi MCU yang kita kenal sekarang, Vibranium ditemukan oleh raja pertama Wakanda, Black Panther Bashenga. Ia memanfaatkan mineral logam tersebut untuk membangun negaranya. Bahkan, berkat Vibranium, beberapa ribu tahun kemudian di bawah pemerintahan raja Black Panther T’Chaka, pencapaian negara Wakanda dalam bidang teknologi dan ekonomi jauh melebihi negara-negara lain.

T’Chaka yang berperan ketika mengakhiri isolasi negaranya, dengan membuat Vibranium diketahui dunia luar, dan menjual sebagian kecil Vibranium kepada orang-orang yang ia percaya demi mendanai dan memajukan negaranya. Bertahun-tahun pasca meninggalnya raja T’Chaka, T’Challa putranya dibantu oleh para penduduk Wakanda bersatu melindungi Vibranium dari orang-orang yang berusaha mengusai logam itu.

Pada 1940, seorang ilmuwan muda bernama Myron Maclain, yang memiliki Vibranium, mencoba bereksperimen menggabungkan Vibranium dengan bahan-bahan lain untuk membuat senjata baru, namun ia gagal menggabungkannya. Pasca kejadian itu, ia tidak sengaja menemukan unsur logam baru yang sekarang kita kenal dengan Adamantium.

Selain Captain America, ada beberapa tokoh Marvel yang menggunakan Vibranium sebagai bahan utamanya, salah satunya Ultron. Ultron dalam versi komik sebenarnya memiliki tubuh yang terbuat dari Adamantium.

Namun dalam versi film, Ultron terbuat dari Vibranium, karena Adamatium terdapat di film Wolverine, dan X-Men dimiliki studio Fox sehingga penggunaan kata Adamantium dilarang digunakan oleh studio Marvel.

Ada juga Black Panther yang mengenakan armor, cakar, dan sepatu, yang terbuat dari Vibranium. Selain itu, Agent Zero juga mengenakan armor Vibranium, dan yang terakhir Tower Avengers pun diperkuat Vibranium.

Related

Entertaintment 2444314076212729019

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item