Mengenang Ibu Tien, Istri Presiden Soeharto

Mengenang Ibu Tien, Istri Presiden Soeharto

Naviri Magazine - Raden Ayu Siti Hartinah lahir di Desa Jaten, Surakarta, Jawa Tengah, pada 23 Agustus 1923. Ia adalah istri Presiden Indonesia kedua, Jenderal Purnawirawan Soeharto.

Siti Hartinah, yang sehari-hari dipanggil "Tien", merupakan anak kedua pasangan KPH Soemoharjomo dan Raden Ayu Hatmanti Hatmohoedojo. Ia merupakan canggah Mangkunagara III dari garis ibu. Tien menikah dengan Soeharto pada 26 Desember 1947 di Surakarta. Ia kemudian dianugerahi gelar pahlawan nasional R.I. tak lama setelah kematiannya.

Meninggal dunia

Tien meninggal akibat penyakit jantung pada Minggu, 28 April 1996, di RS Gatot Subroto, Jakarta. Berawal dari saat terbangun akibat sakit jantung yang menimpanya, lalu dilarikan ke RS Gatot Subroto. Tim dokter telah berusaha maksimal, namun takdir berkata lain. Tien meninggal dunia pada Minggu, 28 April 1996, jam 05.10 WIB.

Ibu Tien dimakamkan di Astana Giri Bangun, Jawa Tengah, pada 29 April 1996, sekitar pukul 14.30 WIB. Upacara pemakaman tersebut dipimpin oleh inspektur upacara, yaitu Ketua DPR/MPR saat itu, Wahono, dan Komandan upacara Kolonel Inf G. Manurung, Komandan Brigif 6 Kostrad saat itu.

Sedangkan sebelumnya, saat pelepasan almarhumah, bertindak sebagai inspektur upacara, Letjen TNI (Purn) Ahmad Taher, dan Komandan Upacara Kolonel Inf Sriyanto, Komandan Grup 2 Kopassus Kartasura zaman itu.

Related

Figures 2502111604907406052

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item