Mengenang Klakson Telolet yang Pernah Heboh di Indonesia

Mengenang Klakson Telolet yang Pernah Heboh di Indonesia

Naviri Magazine - Media sosial pernah diramaikan dengan video, foto, dan kata-kata 'Om Telolet Om'. Fenomena itu merujuk ke aksi para remaja yang meminta sopir bus membunyikan klakson bus.

Setelah ditelusuri dari berbagai sumber, diketahui bahwa klakson telolet pertama kali digunakan oleh perusahaan otobus (PO) Efisiensi, sejak 10 tahun lalu. PO itu melayani trayek Purwokerto/Cilacap-Yogyakarta. PO satu ini memang dikenal atraktif.

Awal cerita, pemilik Efisiensi mendengar suara klakson telolet saat berkunjung ke Arab Saudi. Di sana, dia mendengar klakson bus yang dianggap unik. Hingga akhirnya beli untuk armada miliknya.

Lalu klakson itu mulai jadi pembicaraan. Sejumlah PO juga mulai melengkapi armada bus mereka dengan menggunakan klakson jenis ini.

"Pemburu telolet sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Cuma baru heboh sekarang. Saya paling sering melihat anak-anak memburu suara klakson telolet. Mereka memegang handphone untuk mengabadikan momen bus mengeluar suara klakson telolet," ujar Ramhan Triadi, salah satu kru bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) jurusan Bogor-Malang.

Klakson telolet mulai viral saat rekaman video anak-anak di Jepara yang berburu telolet, tersebar luas. 

Fenomena berburu telolet akhirnya kerap dilakukan sore hari. Sebab pada momen ini bus-bus AKAP mulai beroperasi untuk menjemput penumpang. Area parkir dan lokasi wisata juga menjadi area berburu telolet.

Related

World's Fact 4556065133494846529

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item