Mewaspadai Lemak Jenuh yang Terkandung Dalam Minyak Kelapa

 Mewaspadai Lemak Jenuh yang Terkandung Dalam Minyak Kelapa

Naviri Magazine - American Heart Association merilis sebuah laporan soal risiko kesehatan terkait lemak jenuh, dan menyertakan minyak kelapa ke dalam daftar produk yang meningkatkan risiko tersebut.

Makalah tersebut menuliskan bahwa minyak kelapa mengandung lebih banyak lemak jenuh dibandingkan mentega atau minyak babi, dan mengutip penelitian-penelitian lain yang menunjukkan bahwa minyak kelapa meningkatkan kolesterol LDL—jenis kolesterol jahat yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Minyak kelapa juga meningkatkan kolesterol HDL, tapi sekadar untuk mengimbangi kolesterol jahat. Lemak-lemak jenuh lainnya, seperti minyak zaitun, tak hanya meningkatkan HDL namun juga mengurangi LDL.

Minyak kelapa telah lama menjadi bintang dalam dunia kesehatan, dengan klaim-klaim seperti meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki pencernaan, membakar lemak, dan lain-lain. Penjelasan “ilmiah” yang beredar adalah minyak kelapa terbuat dari triglycerides rantai medium, jadi minyak ini diproses dalam tubuh dengan cara yang berbeda.

Sebagaimana dilaporkan Stat, mitos ini muncul dari dua penelitian dari Marie-Pierre St-Onge, profesor gizi dari Columbia University. Dalam penelitiannya, para peserta menyantap makanan yang dipersiapkan khusus dengan seratus persen asam lemak medium, dan menemukan bahwa tingkatan lemak mereka secara umum menurun, dan hal ini membantu mereka membakar energi.

Namun, minyak kelapa yang kita beli di toko hanya mengandung 10 hingga 15 asam lemak medium, dan presentase itu tidak cukup untuk mengatasi risiko-risiko yang ditimbulkannya. Meski minyak kelapa dianggap “bersih” dan “whole food,” ini sebenarnya sumber lain kandungan lemak jenuh.

Related

Science 8929630580097572960

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item