Benarkah Perubahan Iklim Saat Ini Hanya Siklus Alami Biasa?

Benarkah Perubahan Iklim Saat Ini Hanya Siklus Alami Biasa?

Naviri Magazine - Iklim Bumi selalu berubah, tetapi studi palaeoklimatologi atau ilmu tentang “iklim di masa lalu” menunjukkan perubahan luar biasa, dan tidak bisa disebut alami dalam 150 tahun terakhir, yaitu sejak awal Revolusi Industri.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa pemanasan yang diprediksi di masa depan tidak pernah terjadi dalam 5 juta tahun terakhir.

Suhu global selama 65 juta tahun terakhir dan kemungkinan pemanasan global di masa depan tergantung pada jumlah gas rumah kaca yang kita hasilkan.

Argumen “perubahan secara alami” didukung oleh cerita bahwa iklim Bumi baru saja pulih dari suhu dingin Zaman Es Kecil (1300-1850 SM) dan suhu saat ini benar-benar sama dengan Periode Hangat di Abad Pertengahan (900-1300 SM).

Masalahnya adalah bahwa kedua Zaman Es Kecil dan periode Pemanasan Abad Pertengahan bukanlah perubahan global, tetapi perubahan iklim regional yang memengaruhi Eropa barat laut, Amerika timur, Greenland, dan Islandia.

Sebuah studi yang menggunakan 700 catatan iklim menunjukkan bahwa selama 2.000 tahun terakhir, satu-satunya masa saat iklim di seluruh dunia berubah pada saat dan arah yang bersamaan terjadi dalam 150 tahun terakhir, ketika lebih dari 98% permukaan planet bumi ini telah menghangat.

Related

Science 4205197054991267918

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item