Ini 5 Penyakit yang Bisa Muncul Jika Kamu Jarang Membersihkan Rumah

Ini 5 Penyakit yang Bisa Muncul Jika Kamu Jarang Membersihkan Rumah

Naviri Magazine - Ternyata, malas membersihkan rumah bisa tidak hanya membuat rumah jadi berantakan, tapi juga mendatangkan ancaman kesehatan bagi keluarga.

Tingkat kebersihan rumah sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan penghuninya, baik fisik maupun mental. Sebenarnya, malas membersihkan rumah akan mengancam kesehatan dan menimbulkan beberapa penyakit. Berikut ulasannya.

Apa yang akan terjadi kalau seseorang sering bernapas menghirup debu, akibat jarang membersihkan rumah?

Ya, partikel debu yang lebih kecil atau halus sangat berbahaya bagi manusia. Partikel ini akan menembus ke paru-paru, dan diserap ke dalam aliran darah.

Ukuran debu berukuran sangat halus maupun mikro organisme dapat masuk ke dalam hidung dan mulut, yang akhirnya menyebabkan alergi saluran pernapasan, seperti bersin-bersin hingga infeksi tenggorokan.

Jika tidak ditangani, sesak napas bisa lebih parah hingga menjadi bronkhitis yang membahayakan kesehatan.

Saat terserang diare, pastinya sangat tidak nyaman, karena akan terpaksa bolak-balik ke kamar mandi hingga berkali-kali.

Penyakit diare akan membuat tubuh menjadi lebih lemas, dan ini diakibatkan karena lingkungan rumah yang kotor. Saat rumah jarang dibersihkan dan kondisinya kotor, maka ada banyak binatang pembawa penyakit seperti lalat dan kecoa yang akan menghampiri.

Selain itu juga bisa disebabkan oleh bakteri yang tertinggal di peralatan masak, seperti wajan, spatula, dan kotak makanan yang tidak dibersihkan secara maksimal. Jika peralatan memasak dan wadah makanan di dapur telah mengandung bakteri e.coli, salmonella, dan listeria, dapat menyebabkan seseorang terkena diare.

Selain diare, penyakit apa lagi yang bisa menyerang jika malas membersihkan rumah?

Sejumlah area basah dan lembap di rumah, seperti kamar mandi, kolam hias, kolam renang, dan akuarium, juga dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah.

Penyakit demam berdarah disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti, yang dipicu karena lingkungan kotor maupun adanya wadah air yang tidak terpakai, sehingga nyamuk berkembang biak dan menularkan penyakit.

Cara mencegahnya adalah segera membersihkan wadah penampung air di rumah yang sudah terlihat kotor.

Selain itu, jangan lupa menerapkan pencegahan dengan 3 M (menguras, menutup dan mengubur). Juga bisa tempatkan tanaman hias pengusir nyamuk di sekitar wadah air tersebut.

Sering mengalami flu dan pilek, seperti hidung terasa basah ketika sedang berada di dalam rumah?

Ternyata, debu juga bisa memicu timbulnya flu. Kurang bersihnya tempat tinggal juga bisa menjadi penyebab penghuni rumah mengalami flu. Saat debu berterbangan, hidung jadi lebih sensitif dan mengalami bersin-bersin.

Bahkan beberapa kotoran menumpuk di dalam rumah juga berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan seperti batuk dan pilek, yang berujung pada munculnya flu.

Related

Health 8023551922695054177

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item