Mengatasi Masalah Gusi, dari Sikat Gigi Sampai Bantuan Dokter (Bagian 1)

 Mengatasi Masalah Gusi, dari Sikat Gigi Sampai Bantuan Dokter

Naviri Magazine - Resesi gusi hampir selalu merupakan indikasi terjadinya infeksi yang merusak jaringan penopang gigi. Periksalah ke dokter gigi sesegera mungkin, agar gigi dan mulut Anda dibersihkan secara menyeluruh.

Guna mencegah gigi tanggal atau gejala serius yang lain, gigi dan mulut harus dibersihkan dengan baik setiap hari. Jika mengalami resesi gusi, jaringan gusi tidak dapat tumbuh kembali. Namun, dokter gigi dapat menganjurkan operasi cangkok gusi untuk memperbaiki perlindungan gigi.

Bersihkan gigi dan mulut setiap hari

Pilih sikat gigi yang tepat. Pilihlah sikat gigi berbulu halus, agar gusi tidak terluka. Pada sebagian besar penelitian, fitur lain sikat gigi selain bulu sikat tidak terlalu berpengaruh.

Beberapa penelitian dan dokter gigi menganjurkan sikat gigi listrik. Namun, sikat gigi biasa juga dapat digunakan oleh sebagian besar orang. Bulu sikat berujung bulat merupakan perlindungan ekstra bagi gusi sensitif.

Pilih pasta gigi yang tepat. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluorida untuk membantu membasmi bakteri penyebab resesi gusi.

Jika label pada kemasan mencantumkan RDA, ukuran kekasaran, pilihlah pasta gigi yang memiliki nilai RDA kecil. Pasta gigi lembut memiliki nilai RDA di bawah 70. Semakin kecil nilai RDA, semakin sedikit pengikisan gigi yang terjadi.

Banyak label pasta gigi tidak mencantumkan nilai RDA. Carilah nilai RDA pasta gigi merek tertentu di internet, atau jangan membeli pasta gigi pemutih karena pasta gigi jenis itu cenderung paling kasar.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung hidrogen peroksida dan soda kue dapat merusak gigi.

Gunakan teknik menggosok gigi yang benar. Menggosok gigi terlalu keras malah dapat merusak gigi dan gusi, alih-alih membersihkan. Posisikan sikat gigi pada sudut 45ยบ terhadap garis gusi. Tekan sikat gigi dengan ringan, sehingga ujung (bukan sisi) bulu sikat hanya menyentuh gigi. Gosok gigi dengan gerakan melingkar kecil, bukan menyamping.

Bakteri juga dapat hidup di lidah. Gosok lidah selama 30 detik atau gunakan alat pembersih lidah.

Mulailah menggosok dengan sikat gigi kering. Penelitian menunjukkan bahwa mengawali gosok gigi dengan sikat gigi kering menghasilkan gusi yang jauh lebih sehat. Gosok mulai dari gigi bawah sampai semua gigi terasa bersih.

Bilas dan ulangi prosedur dengan pasta gigi. Setelah menggosok dengan sikat gigi kering, cuci sikat dan oleskan pasta gigi seukuran sebutir kacang polong pada sikat. Gosok gigi dengan teknik yang sama seperti sebelumnya.

Sebagian besar dokter gigi menganjurkan gosok gigi dua kali sehari.

Pelajari cara menggunakan benang gigi dengan benar. Penelitian menemukan bahwa sebagian besar orang yang menggunakan sendiri benang gigi tidak memiliki gigi yang lebih bersih. Namun, gigi memang menjadi lebih bersih jika pembersihan dengan benang gigi dilakukan oleh dokter gigi.

Dengan kata lain, penting untuk menggunakan benang gigi dengan teknik yang benar. Gunakan benang gigi satu kali sehari dengan metode berikut:

Potong benang gigi sepanjang 45 cm, dan gulung kedua ujung benang pada jari tengah masing-masing tangan.

Pegang benang gigi sekitar 2,5-5 cm di antara kedua jari telunjuk.

Gerakkan benang gigi naik turun di sela-sela gigi secara perlahan.

Gunakan benang gigi untuk membersihkan area di bawah garis gusi. Lengkungkan benang gigi agar menempel pada gigi, bukan gusi. Gerakkan benang gigi sampai merasa terhalang. Langkah ini penting untuk membersihkan plak penyebab resesi gusi.

Gunakan obat kumur. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi terlebih dahulu, karena obat kumur dapat menyebabkan kerusakan alih-alih membantu. Obat kumur Listerine, obat kumur chlorhexidine yang hanya dapat dibeli dengan resep dokter, atau (pada kasus ringan) fluorida, dapat menghilangkan sebagian plak penyebab resesi gusi.

Namun, kandungan alkohol yang tinggi di dalam obat kumur dapat menyebabkan mulut kering, sensasi terbakar, dan bahkan luka di dalam mulut. Perubahan warna gigi dan gangguan indra perasa juga umum terjadi.

Gunakan obat kumur dengan berkumur selama 30 detik, lalu ludahkan. Jangan berkumur dengan air, makan, atau merokok, selama 30 menit setelah menggunakan obat kumur, untuk memaksimalkan efek yang didapat.

Mengurangi faktor risiko

Kurangi penggunaan tembakau. Perokok atau pengunyah tembakau, empat kali lipat lebih berisiko mengalami penyakit gusi. Konsumsi tembakau terus-menerus akan mengurangi keefektifan perawatan. Usahakan untuk berhenti merokok atau mengunyah tembakau.

Jangan mengertakkan gigi. Mengatupkan rahang atau mengertakkan gigi dapat menyebabkan resesi gusi. Jika Anda mengertakkan gigi saat tidur, dokter gigi dapat menganjurkan alat khusus untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Meredakan stres atau bermeditasi mungkin dapat membantu meskipun belum dibuktikan secara ilmiah. Terapi hipnosis efektif bagi sebagian orang.

Sakit kepala, sakit telinga, dan nyeri otot wajah, mungkin merupakan tanda Anda mengertakkan gigi saat tidur.

Konsultasikan dengan dokter mengenai obat yang dapat menyebabkan penyakit gusi. Beberapa obat tertentu, seperti obat steroid, pil KB, obat antikejang, terapi kanker tertentu, dan beberapa obat pereda migrain dan pengendali tekanan darah, meningkatkan kemungkinan terjadinya penyakit gusi.

Konsultasikan semua kekhawatiran Anda dengan dokter. Tergantung pada kondisi penyakit serta obat yang tersedia, dokter mungkin menganjurkan pengobatan lain yang lebih aman bagi gusi.

Kendalikan diabetes. Diabetes dapat menyebabkan peningkatan kadar glukosa di dalam air liur, yang dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri di gusi turut meningkat. Jika mengalami diabetes, jaga kadar gula darah tetap normal guna mengurangi risiko penyakit gusi.

Sembuhkan gangguan makan. Gangguan makan menyebabkan malgizi, yang dapat mengakibatkan gusi rentan mengalami pendarahan serta penyakit. Muntah memperparah kondisi gusi akibat asam lambung yang mencapai mulut.

Baca lanjutannya: Mengatasi Masalah Gusi, dari Sikat Gigi Sampai Bantuan Dokter (Bagian 2)

Related

Health 6793292063698539556

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item