Mengenal Jimmy Wales, Orang yang Mendirikan Wikipedia

Mengenal Jimmy Wales, Orang yang Mendirikan Wikipedia

Naviri Magazine - Jimmy Donal "Jimbo" Wales lahir di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat, pada 7 Agustus 1966, dan dia adalah pendiri serta anggota Yayasan Wikimedia, organisasi nirlaba yang mengoperasikan proyek-proyek Wikipedia.

Wales lahir di Huntsville, Alabama. Ayahnya adalah manajer toko kelontong, sementara ibunya (Doris) dan neneknya (Erma) mengurus sekolah swasta kecil yang berupa sekolah tradisional dengan satu ruang kelas, tempat Wales bersekolah. Karena jumlah murid yang sekelas dengannya selalu hanya empat anak, pihak sekolah menyatukan murid-murid kelas satu hingga kelas empat, dan kelas lima hingga kelas delapan.

Suatu artikel pada majalah Time pada 2005 keliru menyebut Wales dididik di rumah. Sesungguhnya tidak demikian, tetapi ia memang mengatakan bahwa pengalamannya semasa sekolah "agak serupa dengan itu, karena ibu dan neneknya adalah guru-guru utama di sekolah itu.”

Semboyan pendidikan sekolah itu sangat dipengaruhi oleh metode Montessori, dan murid-muridnya cukup bebas memilih pelajaran yang mereka gemari. Wales mengatakan bahwa pada masa itu ia menghabiskan berjam-jam membaca World Book Encyclopedia.

Setelah lulus kelas delapan, Wales masuk Randolph School, sekolah persiapan untuk masuk perguruan tinggi, yang merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lain untuk digunakan para siswa.

Wales mengatakan bahwa biaya bersekolah di sana terlalu mahal untuk keluarganya, tetapi pendidikan dianggap penting. "Keluarga saya selalu mementingkan pendidikan… suatu pendekatan yang sangat tradisional terhadap pendidikan sebagai landasan kehidupan yang baik.”

Ia menerima gelar sarjana dalam bidang keuangan dari universias Auburn, dan melanjutkan pendidikannya di bidang keuangan di universitas Alabama, serta memperoleh gelar master dalam bidang keuangan.

Setelah itu, ia mengikuti pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menjadi mahasiswa pascasarjana, ia mengajar di kedua universitas itu, tetapi ia tidak mengerjakan disertasi yang dibutuhkan untuk memperoleh gelar Ph.D.

Related

Internet 5168769478065475023

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item