Perlindungan Apa yang Dibutuhkan pada Bisnis Transportasi?

Perlindungan Apa yang Dibutuhkan pada Bisnis Transportasi?

Transportasi telah menjadi salah satu kebutuhan utama bagi hampir setiap orang. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh banyak perusahaan untuk membangun bisnis transportasi. Mulai dari bisnis transportasi di darat, air hingga laut.

Keuntungan dari bisnis transportasi terbilang besar, namun risiko yang dihadapi juga cukup besar. Meski demikian, risiko-risiko tersebut bukan tanpa solusi. Salah satu yang bisa dilakukan dan menjadi fokus penting perusahaan transportasi sebagai perusahaan penyedia jasa adalah dengan memiliki asuransi yang memberikan perlindungan sesuai manfaat polis asuransi yang dibeli. Perlindungan asuransi dirancang sebagai salah satu cara untuk meminimalisir risiko kerugian secara finansial. Berikut ini adalah beberapa tipe asuransi untuk bisnis transportasi:

Asuransi Kendaraan

Pencurian dan kecelakaan yang mengakibatkan kerusakaan menjadi risiko yang dapat dialami oleh perusahaan transportasi terhadap aset kendaraan yang digunakan untuk menjalankan bisnis. Untuk itu, perusahaan perlu memilih asuransi kendaraan sebagai upaya untuk melindungi kendaraan agar tetap aman dan selalu dalam kondisi layak jalan. Secara umum, asuransi kendaraan terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

a. Asuransi Total Loss Only (TLO)

Jenis asuransi yang akan memberikan jaminan secara finansial akibat pencurian dan kerusakan jika biaya perbaikan diperkirakan sama dengan atau melebihi 75% dari harga kendaraan sebelum kerugian.

b. Asuransi All Risk (Comprehensive Coverage)

Perlindungan all risk merupakan produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan secara menyeluruh (comprehensive coverage). Hal tersebut berarti perusahaan asuransi akan bertanggung jawab secara finansial terhadap apapun yang terjadi pada kendaraan operasional. Mulai dari kerusakan ringan, kerusakan berat hingga kehilangan kendaraan, maka akan mendapat penggantian oleh perusahaan asuransi.

Asuransi Perjalanan

Manfaat dan perlindungan yang akan didapat dengan memiliki asuransi perjalanan antara lain mendapatkan proteksi dan pertanggungan biaya untuk kecelakaan bagi penumpang. Mulai dari santunan kecelakaan, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki resiko hilang atau rusak.

Asuransi Kelautan

Jenis asuransi satu ini khusus ada di bidang kelautan yang fungsinya memastikan pengangkut serta pemilik kargo. Risiko yang mungkin terjadi adalah kerusakan kargo, kerusakan kapal, dampak ke penumpang yang luka, hingga terorisme. Asuransi kelautan merupakan pengalihan risiko baik untuk diri Anda maupun bawaan Anda yang menggunakan jasa angkutan laut.

Asuransi ini melibatkan penggunaan jasa perkapalan dalam mengirimkan barang. Beberapa faktor yang memengaruhi premi asuransi angkutan laut adalah barang yang diasuransikan, pengepakan barang, resiko yang diasuransikan, pengangkutan, dan perjalanan.

Untuk menghindari kerugian besar akibat risiko yang dihadapi, maka melakukan manajemen risiko pada bisnis transportasi sangatlah dibutuhkan, terlepas di darat, udara dan laut. Mulai dari proses identifikasi risiko, penilaian risiko, penerapan pengendalian untuk mengurangi risiko hingga pemantauan efektivitas pengendalian risiko.

Membeli asuransi dapat menjadi salah satu langkah bijak untuk meminimalisir risiko kerugian secara finansial. Bantuan profesional untuk melakukan manajemen risiko dalam perusahaan industri transportasi secara menyeluruh, efektif dan efisien bisa dipertimbangkan. Sehingga, produk asuransi yang dibeli juga tepat dan sesuai kebutuhan.

Related

Business 7721655370257507608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item