Sains Populer: Mengenal Teori Gravitasi Albert Einstein

Sains Populer: Mengenal Teori Gravitasi Albert Einstein

Naviri Magazine - Albert Einstein, yang memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada 1921, memberikan kontribusi teori gravitasi alternatif pada awal 1900-an. Teorinya adalah bagian dari Teori Relativitas Umum yang sangat terkenal, dan menawarkan penjelasan yang sangat berbeda dari Hukum Gravitasi Universal Newton.

Einstein sama sekali tidak percaya bahwa gravitasi adalah sebuah gaya. Ia mengatakan bahwa gravitasi adalah distorsi dalam bentuk ruang dan waktu, atau dikenal sebagai "dimensi keempat".

Hukum fisika dasar menyatakan bahwa jika tidak ada gaya eksternal yang bekerja, sebuah objek akan selalu berjalan di garis lurus. Dengan demikian, tanpa gaya eksternal, dua benda yang berjalan secara paralel akan selalu tetap paralel dan tidak akan pernah bertemu.

Tetapi faktanya mereka akhirnya bertemu juga. Partikel-partikel yang memulai berjalan pada jalur yang paralel, kadang-kadang akan berakhir dengan bertabrakan.

Teori Newton mengatakan hal ini dapat terjadi karena gravitasi. Gaya gravitasi akan menarik benda-benda satu sama lain atau ke sebuah objek tunggal ketiga. Einstein juga mengatakan hal ini terjadi karena gravitasi. Tetapi, dalam teorinya, gravitasi bukan sebuah gaya, melainkan sebuah kurva dalam ruang-waktu.

Menurut Einstein, benda-benda tersebut masih bergerak di sepanjang garis lurus. Namun, karena distorsi pada ruang dan waktu, garis lurus tersebut berubah menjadi garis melengkung. Jadi dua benda yang awalnya bergerak sepanjang bidang datar sekarang bergerak bersama dalam bidang melengkung. Dan dua jalur lurus tersebut akan berakhir di satu titik.

Related

Science 7033596925335899061

Recent

item