Tips Mengatasi Badan yang Lemas, Letih, Lesu, dan Tidak Semangat

Tips Mengatasi Badan yang Lemas, Letih, Lesu, dan Tidak Semangat

Naviri Magazine - Kesehatan dibutuhkan agar kita bisa bekerja dan beraktivitas dengan baik. Dalam hal itu, kita pun perlu rajin menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolah raga dan mengasup makanan yang bergizi. Sayangnya, tidak semua orang bisa rutin melakukan hal tersebut. Ada kalanya, karena berbagai sebab, orang tak punya waktu untuk olahraga, dan mengonsumsi makanan apa saja.

Ketika hal semacam itu terjadi, biasanya tubuh akan menunjukkan tanda-tanda yang kurang enak dirasakan, yaitu lemas, letih, lesu, dan tidak semangat. Bagaimana mengatasinya? Silakan perhatikan tips berikut.

Step 1: Cek dulu kondisi tubuhmu

Susah bangun pagi, lesu saat belajar, dan kerja? Ingin selalu berbaring di tempat tidur? Bisa jadi kamu kelelahan. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, mononucleosis, depresi, dan kekurangan zat besi atau anemia.

Yang harus kamu lakukan:

Tubuh butuh tidur 8-9 jam. Latih untuk bangun dan tidur pada jam yang sama, sehingga mendapat istirahat yang berkualitas.
   
Kalau tenggorokan mudah sakit, cek ke dokter. Soalnya, mononucleosis adalah virus yang menginfeksi kelenjar getah bening.
   
Sesekali merasa sedih itu wajar, tapi kalau sampa kehilangan nafsu makan, cek ke dokter. Terapi dan meditasi juga bisa membantu.
   
Pola makan dengan sedikit zat besi akan membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh terhambat dan tubuh terasa capek! Konsumsi vitamin zat besi, plus daging merah dan kacang-kacangan.

Step 2: Singkirkan kebiasaan buruk

Tidur memang berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. Tapi jarang melatih otot dan kemampuan otak bisa bikin kamu merasa capek. Bangun tidur bukannya jadi segar, tapi malah lemas seharian.

Makanan gorengan bikin tubuh kamu perlu waktu dan energi ekstra buat mencernanya. Sedangkan buah, sayuran, dan gandum, justru memberikan energi.

Sambil nonton TV, lakukan lompat tali selagi tayangan iklan komersial, buat meningkatkan energi. Soalnya, duduk diam bikin kamu terus terjaga, walau sudah waktunya tidur.

Peran air bagi tubuh sangat vital. Tugasnya mengangkut vitamin plus oksigen ke sel-sel tubuh, sampai melumasi persendian tulang sebagai kerangka tubuh yang bikin kamu bisa bergerak bebas. Lagi pula, air juga berfungsi membantu metabolisme lemak dalam tubuh. Artinya, membantu menurunkan berat badan.

Step 3: Mulailah rileks

Soalnya, saat stres, tubuh melepaskan hormon yang bikin kamu merasa capek, cepet marah, dan susah fokus. Riset juga mengatakan, mereka yang punya tingkat stres tinggi lebih sering terkena demam.

Cara kilat untuk rileks:

Tutup pintu kamar, matikan instant mesanger dan juga ponsel, supaya bisa istirahat tanpa gangguan.
   
Pilih aktivitas yang bukan tugas harian, yang bikin kamu merasa santai, seperti mendengarkan musik, atau main bareng hewan peliharaan.
   
Set alarm. Dengan cara ini, kamu tak harus melihat jam buat tahu kapan waktu istirahat singkatmu berakhir.

Step 4: Makanan sehat

Makanan pengusir lelah; kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, susu rendah lemak yang kaya vitamin C.
   
Makanan peningkat mood; ikan, kerang, daging sapi, daging ayam, telor, tahu, tempe, yogurt yang tinggi kandungan proteinnya.
   
Makanan pengusir rasa cemas; ikan salmon, tuna, karamel, gandum, beras merah, kentang, buah-buahan, brokoli, labu, kacang-kacangan.

Related

Tips 5377847725709141491

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item