Wartawan Peraih Pulitzer Mengungkap Kebohongan Amerika

Wartawan Peraih Pulitzer Mengungkap Kebohongan Amerika

Naviri Magazine - Dalam film Zero Dark Thirty, penonton disuguhi adegan seru tentang perburuan Osama bin Laden. Mulai dari proses interogasi tawanan sampai operasi penembakan. Kini, cerita dalam film yang diklaim berdasarkan cerita dari 'orang pertama dan kejadian nyata' itu disangkal oleh jurnalis peraih Pulitzer, Seymour Hersh.

Film Zero Dark Thirty bercerita tentang kisah pencarian Osama bin Laden oleh agen CIA selama 10 tahun. Mereka bekerja secara rahasia di seluruh penjuru dunia. Adegan film diawali dengan proses interogasi terhadap seorang tawanan, upaya pencarian, penyamaran, sampai operasi diam-diam ke kediaman Osama di Pakistan.

Yang jelas di film tersebut adalah operasi terhadap perburuan Osama tanpa melibatkan pemerintah Pakistan. Agen CIA juga terlihat sangat 'kerepotan' guna memastikan di dalam kediaman di kota Abbottabad adalah benar-benar sosok Osama.

Film yang dirilis pada tahun 2012 tersebut disutradarai oleh Kathryn Bigelow, dan mendapat lima nominasi Oscar. Film tersebut juga sempat menduduki tangga box office nomor satu.

Cerita dalam film sebagian besar sama dengan yang dirilis secara umum oleh pemerintah Amerika Serikat. Namun belakangan ada yang disebut bohong oleh Seymour Hersh.

Berikut beberapa hal yang disangkal Hersh:

1. Osama diklaim Hersh bukan bersembunyi di Pakistan seperti diceritakan di film. Namun sejak tahun 2006, Osama sudah menjadi tahanan militer Pakistan. Biaya penahanan dikirim langsung oleh pemerintah Arab Saudi. Pemerintah AS jelas membantah kabar ini.

2. Hersh menegaskan tak ada proses interogasi mendalam seperti yang diceritakan dalam film. Sebaliknya, informasi keberadaan Osama didapat dari seorang pejabat Pakistan yang datang mengharapkan imbalan US$ 25 juta. Pihak AS juga sudah membantah kabar ini.
3. Menurut Hersh, Osama ditembak dalam keadaan tak bersenjata dan tak melawan. Namun di film, suasana perburuan terlihat ada perlawanan dan penuh ketegangan.

4. Hersh sangat skeptis terkait klaim AS yang menyebut Osama dimakamkan di laut. Dia membeberkan sejumlah teori dan sumber tentang bagaimana cara AS memperlakukan jenazah Osama. Disebutkan, sebagian jasad pimpinan Al Qaeda itu dibuang ke pegunungan Hindu Kush dalam perjalanan helikopter kembali ke Afghanistan, di mana tak ada adegan ini di film.

Siapa yang benar menurut Anda; pengakuan Hersh, pemerintah AS, atau adegan yang muncul di film Zero Dark Thirty?

Related

World's Fact 3169643086337134902

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item