Ini 3 Dampak Negatif Jika Terlalu Lama Memendam Kebencian

Ini 3 Dampak Negatif Jika Terlalu Lama Memendam Kebencian

Naviri Magazine - Setiap orang pasti pernah merasakan marah, kecewa, bahkan sedih. Hal tersebut wajar, tapi Psikolog Klinik Inez Kristanti mengatakan, jangan sampai perasaan negatif bikin kamu terlalu lama memendam kebencian.

Ketika perasaan marah terlalu lama dipendam, biasanya akan menjadi bibit kebencian yang bisa menimbulkan dendam, bahkan berdampak kepada kesehatan jiwa.

“Kalau perasaan negatif yang kamu rasakan berlarut-larut, dengan situasi yang menurut kalian parah dan sulit diungkapkan, pasti akan berdampak pada gangguan mental,” ujar Inez.

Selain itu, apa lagi dampak negatif dari terlalu lama memendam kebencian? Yuk, simak di bawah ini!

Suasana hati terganggu

Membenci seseorang dalam waktu yang lama, bisa menganggu suasana hati. Mungkin jadi tak tenang setiap hari.

“Hal tersebut timbul karena hati kalian terisi dengan suatu perasaan negatif yang bisa merusak mood. Sehingga rasa gelisah dan perasaan tak tenang itu akan bersarang dalam diri kalian,” ujar Inez.

Pola makan berubah

Ketika kamu selalu gelisah, bisa berpengaruh juga kepada pola makan kamu.

“Saat sedang stres, terkadang pola makan seseorang berubah. Ada yang makin banyak makan, ada juga yang justru lebih jarang. Kalau memang kebencian itu sangat mengganggu, pasti akan berdampak ke pola makan juga,” terang Inez.

Mudah iri dengan kebahagiaan orang lain

Memendam kebencian dalam waktu yang lama, bisa membuat kamu merasa mudah iri pada kebahagiaan orang lain.

“Kamu merasa mereka sangat beruntung karena enggak seperti kamu. Jadi, bawaannya itu negative thinking saja. Padahal terkadang rasa negatif itu tercipta oleh diri sendiri, karena perasaan positif yang termakan oleh rasa kebencian yang terlalu mendalam,” jelas Inez Kristanti.

Related

Psychology 8267291517999242363

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item