Ini 6 Hal yang Bisa Menyebabkan Kerongkongan Kering dan Gatal

Ini 6 Hal yang Bisa Menyebabkan Kerongkongan Kering dan Gatal

Naviri Magazine - Awal musim penghujan, banyak orang yang mengeluhkan tenggorokan terasa gatal dan kering. Namun, penyebab satu orang ke orang lainnya tidak bisa disamakan, karena bisa saja akar permasalahannya berbeda.

Dikutip dari Medical News Today, sejumlah hal ini bisa jadi faktor tenggorokan Anda yang terasa tidak nyaman. Apa saja?

Alergi rhinitis

Alergi rhinitis merupakan salah satu penyebab paling umum tenggorokan gatal. Alergi ini terjadi saat tubuh bereaksi, biasanya terhadap zat-zat seperti serbuk sari, ketombe, debu, atau asal knalpot. Akibat reaksi tersebut, tubuh mengeluarkan histamin sehingga muncul rasa tidak nyaman seperti gatal pada tenggorokan.

Alergi makanan

Umumnya, orang-orang yang alergi pada kacang, kerang, telur, susu, atau tepung, akan mengalami tenggorokan gatal ketika mengonsumsi makanan tersebut. Hal ini dapat berlangsung beberapa jam bahkan menit setelah menelan makanan tersebut.

Alergi obat

Beberapa orang menglami alergi pada obat-obatan tertentu, seperti penisilin atau antibiotik. Sebenarnya, gejala yang muncul cukup banyak, namun gatal pada tenggorokan juga merupakan salah satu cirinya.

Radang tenggorokan

Kasus radang tenggorokan atau bakteri tonsilitis dapat diidentifikasi dini dengan gejala tenggorokan gatal, sebelum berlanjut ke rasa sakit tenggorokan yang lebih parah. Virus penyebab flu biasanya yang menyebabkan masalah ini.

Dehidrasi

Saat tubuh kehilangan lebih banyak air daripada yang dibutuhkan, mulut jadi kering dan berujung pada produksi air liur yang sedikit. Hal ini dapat menyebabkan rasa gatal di tenggorokan.

Acid reflux

Acid reflux membuat asam lambung naik ke kerongkongan. Efeknya, selain sensasi rasa terbakar pada area dada, muncul juga rasa gatal dan kondisi kurang nyaman lainnya pada tenggorokan.

Related

Tips 4835507829680020945

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item