Inilah Tinja Paling Mahal di Dunia, Harganya Rp 404 Juta

Inilah Tinja Paling Mahal di Dunia, Harganya Rp 404 Juta

Naviri Magazine - Tinja apa yang paling mahal di dunia? Pertanyaan itu mungkin terdengar seperti pertanyaan iseng. Tapi ada tinja yang memang sangat mahal, hingga bisa dibilang sebagai tinja paling mahal di dunia, yaitu tinja panda.

Panda adalah hewan nasional Cina. Terkenal sebagai hewan galak berpenampilan lucu, panda mengonsumsi bambu sebagai makanan sehari-harinya, dan dari asupan makanan itu panda menghasilkan kotoran atau tinja yang khas, yang ternyata bisa diolah dan menjadi karya seni berharga mahal. Salah satu yang telah membuktikan hal itu adalah seniman Zhu Cheng.

Zhu Cheng adalah perupa yang tinggal di Cina. Pada Oktober 2012, ia membuat patung setinggi 60 sentimeter yang bahannya dari tinja panda. Patung itu merupakan replika Venus de Milo, patung terkenal di Paris.

Patung unik itu kemudian menarik minat Uli Sigg, mantan Duta Besar Swiss untuk Cina. Uli Sigg bersedia membeli patung berbahan tinja itu seharga 300.000 yuan (sekitar Rp. 404 juta).

“Ini karya yang sangat kreatif dan inovatif,” puji Uli Sigg, yang memang terkenal sebagai kolektor benda-benda seni asal Cina. Karenanya, ia pun tidak ragu mengeluarkan banyak uang untuk membeli patung tinja buatan Zhu Cheng.

Ketika ditanya mengapa membuat patung berbahan tinja panda, Zhu Cheng menjelaskan, “Sudah bertahun-tahun saya punya ide untuk menggunakan tinja panda pada karya saya. Lagipula, panda adalah harta nasional Cina, jadi apa pun yang terkait dengan hewan itu pasti mengundang daya tarik.”

Perkiraannya terbukti benar. Patung kreasinya berhasil terjual mahal, dan menjadi patung tinja paling mahal di dunia.

Related

World's Fact 8522557175870021079

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item