Viral, Isi Kantong Empedu Hasil Operasi Dikira Boba Dalam Bubble Tea

Viral, Isi Kantong Empedu Hasil Operasi Dikira Boba Dalam Bubble Tea

Naviri Magazine - Informasi tentang bahaya mengonsumsi minuman bubble tea beredar di WhatsApp dan Facebook. Informasi itu beredar bersama sebuah video berdurasi 42 detik, yang memperlihatkan seorang petugas medis sedang menunjukkan kantong empedu. Saat kantong empedu itu diiris, banyak butiran padat berwarna hitam yang keluar dari sana.

Butiran hitam itu diklaim sebagai boba. Boba adalah isian dari minuman bubble tea, minuman berbasis teh dan susu dari Taiwan, yang dibuat dari tepung tapioka. "Minuman yang mengandung bubblenya nggak bisa tercerna. Share biar semua tahu," sebut narasi yang beredar di WhatsApp pada Senin, 20 Januari 2020.

Sementara di Facebook, pada tanggal yang sama, informasi itu dibagikan salah satunya oleh akun Aserehe. Namun, selain video, akun Aserehe juga menambahkan infografis yang diambil dari situs berita.

Dalam unggahannya, akun Aserehe pun menuliskan narasi: "Hasil operasi usus buntu dan didapatkan Bubble Tea yang tidak bisa hancur Xi Bo Ba. Kurangi kunsumsi Bubble Tea sebelum terlambat". Hingga artikel ini dimuat, unggahan tersebut telah dibagikan lebih dari 2,7 ribu kali.

Benarkah kantong empedu dalam video di atas berisi boba dalam minuman bubble tea, yang tidak bisa dicerna oleh tubuh?

Pemeriksaan fakta

Untuk menelusuri fakta video tersebut, kita bisa menggunakan petunjuk berupa tulisan "@justageneralsurgeon" yang tertera dalam video. Dari hasil pencarian, nama akun tersebut digunakan di Instagram dan juga YouTube.

Pemilik akun tersebut adalah Kenichi Miyata, seorang dokter bedah yang bekerja di pusat medis Adventist Health Sonora, California, Amerika Serikat. Dalam media sosialnya, Miyata konsisten mengunggah aktivitas profesionalnya. Beberapa di antaranya adalah mengenai operasi kantong empedu.

Video yang dibagikan di WhatsApp serta akun Aserehe di atas, pernah diunggah oleh Miyata di Instagram-nya, pada 9 Januari 2020. Unggahan video itu ia beri keterangan "bag of boba" dan sejumlah tagar, seperti gall bladder surgery (operasi kantong empedu) dan gall stone (batu empedu).

Dalam video klarifikasinya, Miyata menjelaskan bahwa ia menuliskan keterangan "bag of boba" karena butiran hitam dalam kantong empedu yang diirisnya tersebut terlihat seperti boba. Sebenarnya, butiran hitam itu bukan boba, melainkan batu empedu.

"Batu-batu empedu itu mengingatkan pada salah satu minuman favorit saya, yakni boba tea," kata Miyata dalam video yang diunggahnya di Instagram, pada Selasa, 21 Januari 2020.

Menurut dia, fungsi utama kantong empedu adalah menyimpan empedu yang dibuat oleh hati. Fungsi empedu adalah untuk membantu memecah dan mencerna lemak dalam makanan.

Kadang kala, batu empedu terbentuk di kantong empedu, karena adanya ketidakseimbangan dari salah satu komponen yang kemudian membentuk endapan empedu. Saat itulah seseorang mengeluh sakit di perut bagian kanan atas, biasanya setelah makan makanan berlemak atau pedas.

Dengan demikian, kata Miyata, sangat mustahil kantong empedu bisa terisi dengan boba. Sebab, pencernaan makanan berada dalam saluran yang berbeda dengan empedu, yakni lambung, usus kecil, dan usus besar serta rektum.

Secara terpisah, dalam pesannya tertulisnya, Miyata mengatakan bahwa sebenarnya boba tidak berbahaya. Meskipun begitu, sama halnya dengan makanan lain, boba berpotensi tersangkut dan mengganggu jalannya pernapasan. Bahkan, baru-baru ini, ada orang yang mengalami sumbatan usus, karena menelan boba utuh, dan boba itu menggumpal.

"Yang terbaik adalah mengonsumsi dalam jumlah sedang. Tidak ada alasan untuk menghindari minum bubble tea, untuk semua teman di Asia Tenggara," kata Miyata menutup videonya.

Kesimpulan

Berdasarkan pemeriksaan fakta di atas, narasi bahwa kantong empedu dalam video di atas berisi boba dari minuman bubble tea yang tidak bisa dicerna oleh tubuh adalah narasi yang menyesatkan. Meskipun begitu, boba tidak baik dikonsumsi secara berlebihan, karena memiliki kandungan gula yang tinggi.

Related

News 7645147391710901703

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item