Ternyata, Asal Usul Sedotan Telah Dimulai Sejak Ribuan Tahun Lalu

 Ternyata, Asal Usul Sedotan Telah Dimulai Sejak Ribuan Tahun Lalu

Naviri Magazine - Keberadaan sedotan sebenarnya sudah terlacak sejak peradaban bangsa Sumeria Kuno, ribuan tahun yang lalu. Bangsa yang dikenal sebagai salah satu masyarakat awal yang mengenal bir ini merendam tabung tipis panjang dari logam mulia ke dalam toples besar, untuk mencapai cairan yang berada di bawah produk sampingan fermentasi.

Namun, pengajuan paten sedotan baru dilakukan oleh Marvin Stone, pada tahun 1888. Kala itu, sedotan bikinannya terbuat dari kertas. Di tahun 1890, ia melakukan produksi massal untuk sedotan buatannya itu.

Kala itu, sedotan belum populer. Sampai sekitar tahun 1930, Joseph Friedman menemukan sedotan yang bisa ditekuk dengan mudah tanpa putus. Friedman kemudian mematenkan idenya, dan membangun Flex-Straw Company.

Berkat penemuan ini, para pasien di rumah sakit bisa minum dengan mudah, sembari berbaring. Tak mengherankan bila sebagian klien utama Friedman adalah rumah sakit. Sedotan jenis ini juga populer bagi penyandang disabilitas, sebab memungkinkan mereka untuk mandiri ketika hendak minum, tak perlu bersusah payah mengangkat gelas.

Revolusi sedotan plastik berawal pada tahun 1969, ketika perusahaan milik Friedman jatuh ke Maryland Cup Corporation. Perusahaan yang berbasis di Baltimore ini memproduksi berbagai macam plastik, dan akhirnya menjadi produsen sedotan plastik terbesar di negara itu.

Maryland Cup Corporation kemudian jatuh ke tangan Fort Howard Corporation. Dari titik ini, bentuk sedotan plastik pun menjadi kian beragam dan, akhirnya, menjadi bagian dari gaya hidup.

Related

Science 3270431472439203140

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item