Misteri Cyclops, Raksasa Bermata Satu yang Hidup di Zaman Kuno

Misteri Cyclops, Raksasa Bermata Satu yang Hidup di Zaman Kuno, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Cyclops adalah suku raksasa kanibal bermata satu, yang menggembalakan kawanan domba di pulau Sisilia. Salah satunya Polyphemus, yang menangkap Odysseus dan anak buahnya, namun akhirnya dibutakan dan dikelabui oleh pahlawan ini.

Polyphemus adalah anak dewa laut, Poseidon dengan istrinya, peri laut Thoosa, adalah seorang Cyclops dan dianggap hidup di pulau Sisilia. Seorang penjelajah Yunani, Odysseus, yang dikenal karena kecerdikan dan “lidah-peraknya,” sedang dalam perjalanan pulang dari Troy ketika dia berlabuh di Sisilia, tempat tinggal ras raksasa bermata satu yang tidak beradab. Dia meminta kebaikan mereka, dan memperkenalkan dirinya sebagai “Bukan Siapa-siapa.”

Polyphemus terbukti sebagai tuan rumah yang sangat berbahaya, dan memperlakukan orang Yunani ini sebagai hewan piaraannya, memenjarakan mereka di dalam gua, dan melahap mereka satu demi satu untuk makan malam.

Odysseus tidak berani membunuh Cyclops itu pada waktu malam, karena orang-orangnya kekurangan tenaga untuk memindahkan batu yang menutupi pintu gua. Maka Odysseus memikirkan rencana tipu daya untuk meloloskan diri. Dengan membuat Polyphemus mabuk, Odysseus membutakan raksasa bermata satu itu dengan tusukan sebatang kayu.

Polyphemus berteriak kesakitan, tetapi ketika ditanya Cyclops yang lain siapa yang melukai dia, Polyphemus berkata, “Aku diserang oleh Bukan Siapa-siapa.” Maka mereka pergi, dan menganggapnya mabuk atau gila.

Pagi harinya, Polyphemus membuka pintu gua untuk mengeluarkan hewan ternaknya dan meraba punggung tiap-tiap hewan yang lewat untuk memastikan tidak ada orang yang meloloskan diri.

Tapi Odysseus dan orang-orangnya mengikatkan diri mereka di samping tubuh domba-domba itu, dan berhasil keluar tanpa diketahui. Karena kejahatan terhadap putranya, Poseidon berjanji untuk membalas Odysseus.

Related

Mistery 4712027672410452968

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item