Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Virus Corona Masuk ke Indonesia?

Apa yang Harus Kita Lakukan Jika Virus Corona Masuk ke Indonesia?

Naviri Magazine - Kita belum tahu dari mana asal virus baru ini, dan menduga virus ini berasal dari hewan, tapi pengujian sejauh ini belum mengonfirmasikan hewan apa yang menjadi inangnya. Analisis genom menunjukkan hanya baru-baru ini virus tersebut ada di manusia. Jadi hewan mana yang menularkannya ke manusia? Dan bagaimana ia menularkannya?

Setelah kita mengetahui dari mana asal virus ini, kita dapat melacak dan menghapus sumber virus tersebut.

Beberapa bukti menunjukkan virus ini dapat menyebar antar-manusia. Kita belum tahu caranya bagaimana, tapi memiliki beberapa dugaan.

Virus ini tampaknya merupakan virus sistem pernapasan, mengingat penyakit yang disebabkannya melibatkan paru-paru, sehingga besar kemungkinan virus menyebar melalui cara yang sama seperti pilek dan flu: bersin dan batuk mendorong tetesan cairan menyebar ke udara atau ke tangan, yang kemudian tersentuh permukaan lain, atau dengan menyentuh mata, hidung, atau mulut kita setelah kontak dengan orang yang terkontaminasi.

Kita juga tidak tahu bagaimana virus ini sangat mudah menyebar. Mulanya, virus ini membutuhkan kontak yang lama dan dekat, membuatnya lebih sulit untuk dideteksi di kehidupan sehari-hari. Kendati demikian, ada indikasi terbaru yang menyatakan virus ini lebih mudah menyebar antar-manusia.

Hingga 22 Januari, telah terjadi 17 kematian tragis (sekitar 3%) dari total 582 kasus. Ini lebih rendah daripada proporsi yang meninggal karena pneumonia yang berkaitan dengan influenza, menurut salah satu penelitian sekitar 10%. Ini hanya perbandingan kasar, tapi setidaknya dapat menjadi pertimbangan untuk saat ini.

Jumlah kasus virus cenderung dianggap di bawah perkiraan, tapi kami tidak tahu seberapa banyak.

Saat ini, pilek dan penyakit seperti flu sudah umum di Cina. Ada banyak juga penyebab virus pneumonia, setidaknya ada 135 orang dengan pneumonia yang mengunjungi Hong Kong dari Wuhan antara 31 Desember sampai 22 Januari. Sampai saat ini hanya dua kasus yang dinyatakan positif berkaitan dengan virus corona yang baru; sebagian besar masih kena virus influenza atau virus lainnya.

Sejauh ini, kita tahu virus corona Wuhan yang baru menyebabkan pneumonia, dan karenanya rumah sakit adalah tempat yang memungkinkan terjadi penyebaran virus ini. Kemungkinan juga terjadi penyebaran antar-manusia, tapi mungkin juga penularan masih terjadi dari hewan ke manusia. Dan hal ini dapat diuji oleh laboratorium profesional.

Untuk saat ini, otoritas kesehatan memastikan kita siap dan mengawasi situasi sambil menunggu detail lebih lanjut.

Jika virus ini tiba di negara kita, kita dapat melindungi diri dengan cara yang sama seperti terhadap penyakit pernapasan lainnya, yakni dengan lebih saksama saat mencuci tangan dan saat batuk dan bersin.

Ini berarti kita mesti mengarahkan batuk atau bersin ke siku yang tertekuk atau menggunakan tisu, dan dengan mencuci tangan dengan sabun sampai bersih.

Related

News 4512674688380919181

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item