BPK: Skandal Korupsi Jiwasraya Merugikan Negara Sampai Rp 16,81 Triliun

BPK: Skandal Korupsi Jiwasraya Merugikan Negara Sampai Rp 16,81 Triliun, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah menyelesaikan audit mengenai kerugian akibat kasus korupsi Jiwasraya. Kerugian mencapai Rp 16,81 triliun. Ini melebihi perkiraan awal yang ditaksir hingga Rp 13,7 triliun. 

“Nilai kerugian negaranya sebesar Rp 16,81 triliun, terdiri dari kerugian negara investasi saham Rp 4,65 triliun, dan akibat investasi reksa dana Rp 12,16 triliun,” ucap Ketua BPK, Agung Firman Sampurna, saat jumpa pers di Kejaksaan Agung RI, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (9/3).

Agung mengatakan, perhitungan kerugian negara menggunakan metode total loss dari hasil saham gorengan, dan reksa dana berkualitas rendah yang diduga dibeli dengan cara melawan hukum. 

“Kemudian kami sampaikan, metode yang kami gunakan untuk menghitung kerugian negara adalah total loss, di mana seluruh saham yang diduga dibeli secara melawan hukum dianggap berdampak,” kata dia.

Dalam perkara ini, Kejaksaan Agung telah menetapkan enam tersangka. Mereka ialah mantan Direktur Utama Jiwasraya, Hendrisman Rahim, dan mantan Direktur Keuangan Jiwasraya, Hary Prasetyo.

Kemudian mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya, Syahmirwan; Komisaris PT Hanson Internasional Tbk, Benny Tjokro; Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera (TRAM) Tbk, Heru Hidayat; serta Direktur PT Maxima Integra, Joko Hartomo Tirto.

Related

News 4299324546619897646

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item