Dampak Wabah Corona di Indonesia, Ratusan Ribu Buruh Terancam PHK

Dampak Wabah Corona di Indonesia, Ratusan Ribu Buruh Terancam PHK, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Kalangan buruh meminta pemerintah bisa lebih serius dalam penanganan wabah virus corona (COVID-19). Jika tidak, ada potensi kerugian besar yang mengancam, yakni pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar-besaran. Pemerintah memang sudah menyiapkan beberapa stimulus, termasuk di antaranya mencegah PHK.

"Kita prediksi kalau ini (penyebaran virus) nggak cepat dihentikan, puluhan sampai ratusan ribu buruh terancam PHK. Dampak domino dari efek corona terhenti kan ekonomi ini," sebut Ketua Departemen Komunikasi dan Media Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Kahar S. Cahyono.

Ia menilai, keadaan saat ini sudah jauh dari kata normal. Sebagai contoh, banyak pemesanan produk manufaktur yang tertahan akibat tidak menentunya kondisi. Jika tidak dilakukan langkah ekstrem seperti lockdown, maka kondisi ini akan terus berlarut.

"Kalau nggak cepat diselesaikan, bisa terjadi resesi dan PHK besar-besaran mengancam. Apalagi kita tahu ritel udah mulai menutup, termasuk Tanah Abang. Artinya, produksi untuk menjual barang itu udah nggak terjual lagi, ujung-ujungnya PHK," kata Kahar.

Jumlah PHK pun diperkirakan dalam jumlah yang tidak sedikit. Karena yang banyak terkena adalah perusahaan-perusahaan besar dengan jumlah pekerja yang mencapai ribuan. Pun dengan sektor industri yang beragam

"Puluhan sampai ratusan ribu buruh yang berpotensi kehilangan pekerjaan. Hampir seluruh padat karya kena, menurut KSPI. Pertama mereka di garmen tekstil, bahkan elektronik dan otomotif diperkirakan karena stuck juga. Pariwisata terdampak duluan, termasuk ritel. Sehingga bisa ikut kena," papar Kahar.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 4075743915626421608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item