Pasien 3 dan 4 Positif COVID-19 di Indonesia Khawatir Identitasnya Dibuka

Pasien 3 dan 4 Positif COVID-19 di Indonesia Khawatir Identitasnya Dibuka,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Juru Bicara pemerintah dalam kasus Virus Corona atau Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan kondisi kesehatan pasien 3 dan pasien 4 jauh lebih baik, ketimbang dua pasien sebelumnya. Namun, pasien 3 dan 4 khawatir akan bernasib seperti pasien 1 dan 2, yakni dibuka identitas dan data dirinya ke publik, sehingga pemerintah berusaha menenangkan mereka.

"Pasien tiga dan empat sudah jauh lebih bagus dari sebelumnya, tapi ada keluhan dan permintaan kepada kita yang harus berkali-kali nyatakan. Kami memberikan garansi tidak akan mengumumkan namanya, karena mereka takut seperti yang terjadi (pada pasien) satu dan dua," kata Yuri.

Hal ini menyusul kondisi pasien 1 dan 2 yang tengah mengalami depresi karena identitas pribadinya dibuka oleh pemerintah dan pemberitaan sensasional. Kendati demikian, Yuri memastikan keduanya dalam kondisi stabil dan tidak menunjukkan gejala.

"Mereka sekarang agak depresif, akibat pernah mengalami hukuman sosial yang besar akibat identitasnya terungkap. Sekarang mereka agak tertekan," kata Yuri saat konferensi pers di kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin (9/3/2020).

Yuri mengatakan, situasi psikologi memengaruhi kekebalan tubuh seseorang. Saat ini, pasien kasus 1 dan kasus 2 mendapat penanganan psikologi dari pemerintah.

Berdasarkan hasil pemeriksaan spesimen, virus Covid-19 masih aktif meski sudah tidak ada gejala. "Ini saya katakan dari awal faktor psikologis akan berpengaruh pada status imunitas seseorang," kata Yuri.

Related

News 2515008606856907748

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item