Penelitian Baru Terkait Dampak Virus Corona Pada Pasien yang Telah Sembuh

Penelitian Baru Terkait Dampak Virus Corona Pada Pasien yang Telah Sembuh, naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Lebih dari 50 persen pasien terinfeksi corona, dinyatakan sembuh dari Covid-19. Namun, sebuah penelitian menunjukkan beberapa pasien menunjukkan penurunan kapasitas paru-paru setelah pulih.

Pasien yang sembuh dari virus corona, SARS-CoV-2, menurut dokter di Hong Kong, secara substansial melemah.

Seperti melansir dari Science Alert, Otoritas Rumah Sakit Hong Kong telah menemukan pengaruh virus corona terhadap fungsi organ paru.

Para ahli medis di negara ini membuat temuan setelah mempelajari gelombang pertama pasien yang keluar dari rumah sakit, setelah sepenuhnya dinyatakan pulih dari Covid-19.

Dari 12 orang dalam kelompok itu, dua hingga tiga orang menunjukkan adanya perubahan pada kapasitas paru-paru mereka.

"Mereka terengah-engah jika berjalan sedikit lebih cepat," ujar Owen Tsang Tak-yin, direktur medis otoritas Pusat Penyakit Menular, mengatakan pada konferensi pers, menurut South China Morning Post.

Tsang mengatakan, beberapa pasien setelah pulih dari Covid-19 mungkin memiliki sekitar 20 hingga 30 persen masalah dalam fungsi paru-paru.

Lebih lanjut, Tsang menjelaskan, pasien yang sembuh dari Covid-19 dengan organ paru yang melemah, masih dapat melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kapasitas organ pernapasannya.

Pasien ini dapat melakukan latihan kardiovaskular untuk meningkatkan kapasitas paru-paru dari waktu ke waktu. Misalnya dengan berenang atau aktivitas fisik lainnya.

Kendati masih terlalu dini untuk menentukan efek jangka panjang dari penyakit ini, peneliti melakukan pemindaian pada sembilan paru-paru pasien.

"Kami menemukan pola yang mirip seperti kaca buram para semua data tersebut, menunjukkan ada kerusakan organ," ungkap Tsang.

Data CT scan pasien virus corona saat ini menunjukkan ground glass, sebuah fenomena di mana cairan menumpuk di paru-paru, dan muncul bercak putih dengan sendirinya.

Hingga saat ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis jumlah infeksi virus corona di seluruh dunia mencapai 141.467 pasien dan 5.399 pasien tewas, serta 71.998 orang dinyatakan sembuh dari SARS-CoV-2.

Sejak wabah virus corona merebak, sebagian besar pasien penyakit ini berasal dari lansia. Atau pasien dengan kondisi kesehatan yang lebih buruk dari demografi lainnya, seperti ditunjukkan pada wabah di Italia.

"Di antara mereka yang terinfeksi, sebagian besar akan pulih," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca laporan lengkap  » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Science 6824660728927416947

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item