Penting, Ini 9 Tips dari WHO agar Tetap Sehat Selama Wabah Corona

Penting, Ini 9 Tips dari WHO agar Tetap Sehat Selama Wabah Corona naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Jangan merokok, batasi minum alkohol, olahraga, dan cobalah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi berita.

Demikian tiga dari beberapa rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), agar tetap sehat secara fisik dan mental saat tinggal di bawah karantina, termasuk karantina mandiri di rumah.

Virus corona baru (COVID-19) yang berasal dari Wuhan, China, kurang dari 3 bulan lalu telah menjangkiti lebih dari 300.000 orang di hampir setiap negara di dunia.

Lebih dari 100 juta orang di seluruh dunia hidup di bawah ketentuan pengurungan atau isolasi sosial, ketika para pejabat publik berjuang untuk menahan meluasnya wabah COVID-19 yang telah merenggut lebih dari 12.000 jiwa.

"Kita semua kini berada dalam berbagai tingkat karantina, dan itu hal yang sulit," kata Gubernur New York Andrew Cuomo, dikutip CNBC International.

Cuomo juga memerintahkan perusahaan-perusahaan di New York membuat kebijakan agar semua karyawan bisa bekerja di rumah, kecuali ada satu dua hal yang menjadi keharusan, seperti mencari stok makanan, obat-obatan, dan ke dokter, bank, atau mengurusi binatang peliharaan.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan, ada potensi stres ketika seseorang tetap tinggal di dalam rumah dan fokus mengawasi kasus-kasus dan jumlah korban jiwa dari virus corona yang terus meningkat di seluruh dunia, dan itu bisa berdampak buruk.

Oleh sebab itu, WHO akan merilis rekomendasi dalam beberapa minggu ke depan, tentang bagaimana agar tetap sehat di tengah krisis corona.

"Selama masa sulit ini, penting untuk terus menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Ini tidak hanya akan membantu Anda dalam jangka panjang, itu juga akan membantu Anda melawan COVID-19," kata Tedros.

Berikut beberapa saran WHO:
  • Makan makanan sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Batasi alkohol dan minuman manis.
  • Jangan merokok. Ini dapat memperburuk gejala COVID-19 dan meningkatkan risiko sakit parah.
  • Berolahraga setidaknya selama 30 menit sehari untuk orang dewasa, dan satu jam sehari untuk anak-anak.
  • Jika Anda diizinkan pergi ke luar, Anda bisa berjalan-jalan, berlari, atau bersepeda sambil menjaga jarak aman dari orang lain.
  • Jika Anda tidak dapat meninggalkan rumah, Anda bisa melakukan aktivitas lain, misal berdansa, yoga atau berjalan naik dan turun tangga.
  • Orang yang bekerja dari rumah tidak boleh duduk terlalu lama di posisi yang sama.
  • Beristirahat 3 menit setiap 30 menit.
  • Jauhkan pikiran Anda dari krisis. Dengarkan musik, baca buku, atau main game.

"Adalah normal untuk merasa stres, bingung dan takut selama krisis corona. Tapi ngobrol dengan orang yang Anda kenal dan percaya dapat membantu [meredakan stres]," kata Tedros.

"Dan cobalah untuk tidak membaca atau terlalu banyak menonton berita [soal corona] jika itu membuat cemas. Dapatkan informasi [soal corona] dari sumber terpercaya, sekali atau dua kali sehari," katanya.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

Tips 3737102169908837630

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item