Jubir Covid-19: Virus Corona Mudah Hancur Saat Terkena Sabun

Jubir Covid-19: Virus Corona Mudah Hancur Saat Terkena Sabun,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri

Naviri Magazine - Juru Bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat untuk rajin mencuci tangan menggunakan sabun, dalam pencegahan penularan virus corona.

Menurutnya, sabun bisa menghancurkan virus Covid-19.

"Tidak perlu mencari sesuatu yang sulit. Karena secara ilmiah sudah dibuktikan, bahwa virus ini sangat rentan dan mudah hancur jika terkena sabun, terkena detergen," kata Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB.

Menurutnya, mencuci tangan tidak harus dilakukan dengan hand sanitizer. Apalagi belakangan ini hand sanitizer cukup sulit untuk didapatkan, itu pun dengan harga yang melonjak tinggi.

"Jadi tidak ada alasan tidak cuci tangan karena tidak ada hand sanitizer. Cuci tanganlah pakai sabun, setiap hari pasti ada dan tidak sulit mencari sabun. Ini yang kemudian menjadi penting," ucap dia.

Menerapkan pola hidup bersih dengan mencuci tangan, kata dia, menjadi sangat penting. Karena penyebaran virus ini bisa saja terjadi, meski tidak ada kontak langsung antarmanusia.

Ia mencontohkan, seseorang yang positif terinfeksi Covid-19 batuk atau bersin, kemudian percikan yang disebut droplet mengenai barang yang sering digunakan bersama.

"Di dalam angkutan massal, misal pegangan saat berdiri, pintu, railing tangga. Ini terjadi kemudian tidak disertai dengan cuci tangan menggunakan sabun, dan secara langsung makan dan minum sebelum cuci tangan," ucap dia.

"Mari kita sama-sama menjaga jarak 2 meter, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Mudah-mudahan upaya keras kita laksanakan secara sinergi bersama-sama pemerintah dan masyarakat bisa menanggulangi penyebaran Covid-19," kata dia.

Baca laporan lengkap » Data, Fakta, dan Perkembangan Wabah Corona.

Related

News 2196429780081690578

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item