Ini Fatwa MUI Terkait Pemanfaatan Zakat untuk Penanggulangan Wabah Corona

Ini Fatwa MUI Terkait Pemanfaatan Zakat untuk Penanggulangan Wabah Corona, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Majelis Ulama Indonesia (MUI), melalui komisi fatwa, mengeluarkan surat edaran Nomor 23 Tahun 2020 mengenai Pemanfaatan Harta Zakat, Infak, dan sedekah, dapat digunakan untuk menanggulangi wabah COVID-19 dan dampaknya di Indonesia.

Dalam surat edaran itu, pertimbangan MUI dilatarbelakangi dampak COVID-19 tidak hanya berpengaruh pada kesehatan saja, tetapi mencakup aspek sosial, ekonomi, budaya, dan sendi kehidupan lainnya.

Lalu, berapa banyak dana zakat yang bisa dimanfaatkan untuk menanggulangi wabah COVID-19?

Surat edaran itu dikeluarkan karena MUI banyak mendapatkan pertanyaan dari masyarakat, apakah harta zakat, infak, dan sedekah mereka bisa digunakan untuk penanggulangan COVID-19 dan dampaknya.

“Untuk itu MUI memandang perlu menetapkan fatwa tentang pemanfaatan harta zakat, infak, dan sedekah untuk penanggulangan wabah COVID-19 dan dampaknya sebagai pedoman,” demikian bunyi surat yang ditandatangani oleh Ketua Komisi Fatwa MUI, Hasanuddin AF.

MUI menjelaskan, ada sejumlah ketentuan hukum yang harus dijalankan terkait pendistribusian harta zakat. Ketentuan itu yakni salah satu golongan (asnaf) zakat, yaitu muslim yang fakir, miskin, amil, muallaf, yang terlilit utang, riqab, ibnu sabil, dan fi sabilillah.

“Harta zakat yang didistribusikan boleh dalam bentuk uang tunai, makanan pokok, keperluan pengobatan, modal kerja, dan yang sesuai dengan kebutuhan mustahiq,” ujar Hasanuddin.

Selanjutnya, zakat mal boleh ditunaikan dan disalurkan lebih cepat, tanpa harus menunggu satu tahun penuh, apabila telah mencapai nishab.

“Zakat fitrah boleh ditunaikan dan disalurkan sejak awal Ramadan tanpa harus menunggu malam Idul Fitri. Kebutuhan penanggulangan COVID-19 yang tidak dapat dipenuhi melalui zakat, dapat diperoleh melalui infak, sedekah, dan sumbangan lainnya,” tuturnya.


Related

News 1648980016110248498

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item