Subhanallah, Ternyata Ini Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma

Subhanallah, Ternyata Ini Manfaat Berbuka Puasa dengan Kurma,  naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - ”Apabila salah seorang di antara kalian berbuka, hendaklah berbuka dengan kurma, karena ia adalah berkah. Apabila tidak mendapatkan kurma, maka berbukalah dengan air, karena ia adalah bersih.” (HR. at-Tirmidzi dan Abu Dawud rahimahumallah)

Telah muncul sebuah penelitian kimiawi dan biologi bahwa sepotong kurma yang dimakan setara dengan 85-87% dari beratnya. Dan itu mengandung 20-24% air, 70-75% zat gula, 2-3% protein, 8,5% serat, dan kadar lemak yang rendah.

Sebagaimana juga penelitian menetapkan bahwa kurma ruthab mengandung 65-70% air dari berat bersihnya, 24-58 % zat gula, 2-2,1 % protein, 5,2% serat, dan kadar lemak yang sedikit.

Dan hasil yang terpenting dari penelitian kimiawi ini, sebagaimana disebutkan oleh Dr. ‘Abdurrouf Hisyam dan Dr. ‘Ali Ahmad asy-Syahat, adalah sebagai berikut:

a. Mengonsumsi kurma ruthab atau tamr ketika memulai berbuka puasa, memberikan suplai kadar zat gula yang besar bagi tubuh dan menghilangkan gejala kekurangan zat gula (hipoglikemia), dan memebrikan semangat bagi tubuh.

b. Kosongnya lambung dan usus dari makanan membuat keduannya (usus dan lambung) mampu menyerap zat gula sederhana dalam kurma dengan sangat cepat.

c. Kandungan unsur gula dalam bentuk kimiawi yang sederhana, yang terkadung di dalam ruthab dan tamr, membuatnya mudah dicerna, karena 2/3 dari unsur gula (glukosa) terdapat dalam kurma dalam bentuk susunan kimiawi yang sederhana. Dan naiklah kadar gula dalam darah dalam waktu singkat.

d. Adanya kurma yang direndam dengan air, dan ruthab yang mengandung persentase air yang tinggi 65-70% (65-70%) yang menyediakan air bagi tubuh dengan persentase yang baik, maka tidak perlu minum air dalam jumlah besar pada saat berbuka.

Related

Science 4088397113212385320

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item