Asal Usul Pohon Kepayang atau Kluwek yang Bisa Bikin Mabuk Kepayang

Asal Usul Pohon Kepayang atau Kluwek yang Bisa Bikin Mabuk Kepayang, naviri.org, Naviri Magazine, naviri majalah, naviri

Naviri Magazine - Pohon kepayang, kluwek, atau picung, bisa bikin mabuk kepayang. Bahkan istilah mabuk kepayang dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia salah satunya mempunyai arti ‘mabuk karena makan buah kepayang’. Anehnya, meski memabukkan, kepayang justru sering dipakai sebagai bumbu masakan, terutama rawon.

Pohon dan buah ini disebut dengan berbagai nama, seperti kepayang (Melayu dan Jawa), kluwek, keluwek, kluak, keluak (Jawa), picung (Sunda), pucung (Betawi), atau pohon lunglai, kalawak (Banjar), atau panarassan (Toraja).

Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai durian, false durian, football fruit, atau raual. Dan nama Latin tumbuhan kepayang atau kluwek ini adalah Pangium edule.

Disebut sebagai durian atau false durian, diduga lantaran buahnya yang berbau tajam akibat hydrocyanic acid yang terkandung di dalamnya, sehingga orang Eropa keliru menyebut buah ini dengan nama durian. Sedangkan nama football fruitlebih disebabkan oleh bentuk buah kepayang yang mirip bola rugby atau American Football.

Related

Science 9083613523919834925

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item